bdadinfo.com

Di Balik Layar, Menguak Rahasia Kesuksesan World Water Forum ke-10 di Bali - News

Rahasia dibalik World Water Forum ke-10 Bali

- World Water Forum ke 10 telah berakhir, saat itu acara dilaksanakan pada tanggal 20-24 Mei 2024.

WWF di Bali dihadiri lima kepala negara, yakni Presiden Joko Widodo, Presiden Fiji Wiliame Maivalili Katonivere, Presiden Sri Lanka Rani Wickremesinghe, Perdana Menteri Maroko Aziz Akhannouch, dan Perdana Menteri Tajikistan Qohir Rasulzoda, Mantan Presiden Hungaria Janos Ader juga hadir sebagai utusan khusus.

Sementara, Presiden World Water Forum Loic Fauchon menyapaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia dan seluruh masyarakat atas keramahan serta dukungan pada penyelenggara WWF ke-10.

Baca Juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 SMA/MA/SMK Halaman 120 Latihan 4.1 Kurikulum Merdeka: Ideologi Pancasila

Tercatat sebanyak 64 ribu orang dari 160 negara hadir berpartisipasi maupun berkunjung, menyajikan 278 sesi diskusi dan 254 stan dalam fair and expo.

Lalu Wakil Presiden World Water Council (WWC) Eric Tardieu mengajak semua peserta untuk tidak menyerah dan membangun kerja sama pengelolaan air yang lebih efisien, damai dan berkelanjutan.

Tardieu menyebut, “Ada nilai-nilai yang mengakar dalam masyarakat Indonesia untuk mencapai sebuah tujuan, seperti gotong-royong dan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Baca Juga: Harga Tiket Pertandingan Persahabatan antara Timnas Indonesia vs Tanzania, Dijangkau Mencapai Rp250.000 untuk 2 Kategori.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menutup World Water Forum ke 10 pada Jumat, 24 Mei 2024 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua Bali.

Basuki mengungkapkan, meski seluruh agenda yang di usulkan Indonesia terbilang berhasil dengan jumlah partisipan mencapai 64 ribu orang, namun pekerjaan belum selesai.

“Pekerjaan belum selesai dan masih banyak hal yang perlu ditingkatkan. Berbagai komitmen yang dihasilkan harus ditindaklanjuti dengan langkah nyata, dan rasa memiliki yang kuat,” kata Basuki sebagai ketua harian WWF ke 10.

Baca Juga: Perjuangkan Nasib Atlet Daerah untuk PON Aceh dan Medan 2024, KONI Pesisir Selatan Ikuti Rakor Provinsi

Salah satu keberhasilan itu adalah kehadiran Deklarasi Menteri yang memasukkan Compendium of Concrete Deliverables and Actions atau ringkasan Hasil-Hasil dan Tindakan, yang mencakup 113 proyek air dan sanitasi senilai USD 9,4 miliar dengan 33 negara dan 53 organisasi Internasional sebagai pendukung, donor, serta penerima manfaat air dan sanitasi.

“Compendium yang diluncurkan pada pertemuan tingkat menteri harus diwujudkan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Basuki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat