bdadinfo.com

Maluku Utara Berduka! Bandar Udara Weda Bay Halmahera Ditutup! Buntut dari Pesawat Super Air Jet IU-2180 yang Tergelincir dari Lintasan Saat Mendarat - News

Kementerian Perhubungan menutup sementara Bandar Udara Weda Bay Halmahera, Maluku Utara buntut pesawat Super Air Jet IU-2180 yang keluar lintasan saat mendarat pada Sabtu (25/5/2024) siang.

- Kementerian Perhubungan akan membangun sejumlah fasilitas transportasi di Halmahera Tengah guna mendukung proses ekspor pada kawasan Indonesia WedaBay Industrial Park (IWIP).

Untuk itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka peluang untuk berinvestasi dalam pengembangan dan pembangunan proyek-proyek infrastruktur transportasi khususnya di wilayah Halmahera Tengah.

“Ini harapan Presiden Jokowi yang selalu ingin melakukan pembangunan. Kita selalu ingatkan Indonesia tumbuh dengan melakukan investasi dan ekspor. Dengan adanya hal tersebut pasti memberikan kesejahteraan karena kemajuan ditandai dengan investasi. Investasi artinya memberikan kesempatan kerja, jika sudah menghasilkan kemudian diekspor, negara untung sehingga masyarakat banyak kesempatan kerja,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri pemancangan pertama proyek Weda Bay di Halmahera Tengah.

Baca Juga: Cetak Hattrick, PLN Kembali Raih Kinerja Keuangan Terbaik Sepanjang Sejarah pada Tahun 2023

Lebih lanjut, Kemenhub memberikan dukungan melalui pembangunan sejumlah fasilitas transportasi seperti perluasan runway pada Bandar Udara Weda serta pengembangan Pelabuhan Weda.

Oleh karenanya kita akan mendukung, Kemenhub pertama kali akan memberikan izin kepada bandara menjadi bandara yang lebih besar, perpanjang landasan menjadi 2.400, ada terminalnya sehingga memenuhi aspek keselamatan.

Kedua, pelabuhan akan segera dibangun. Pertama kali pelabuhan khusus untuk mereka tetapi yang akan datang akan menjadi pelabuhan umum di mana ekspor impor itu bisa dilakukan bukan hanya untuk kepentingan mereka tetapi kepentingan masyarakat.

Baca Juga: YBM PLN Goes To School, 7 Siswa Berprestasi di SMK N 6 Kota Padang Dapat Beasiswa

"Jadi Weda Bay menjadi suatu simpul kegiatan ekonomi yang dimulai dengan kegiatan industri,” terang Menhub.

Sebagai informasi, Kemenhub telah menyusun rencana induk Bandar Udara Weda dengan perencanaan pembangunan runway tahap 1 sepanjang 1.000 m x 23 m, taxiway 85,5 m x 15 m, apron 60 m x 70 m dan gedung terminal 500m2.

Rencananya pada tahap awal akan melayani pesawat Grand Caravan. Sedangkan Pelabuhan Weda merupakan pelabuhan pengumpul dengan kapasitas kapal sandar terbesar 3.000 DWT dan faceline dermaga -5 s.d. -7 mLWS.

Baca Juga: DPRD Kota Pariaman Gelar Sidang Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Nota Penjelasan LKPD Tahun 2023

Senada dengan Menhub, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga meyakini dengan adanya Kawasan Industri Weda akan memberikan peluang besar bagi Indonesia karena dapat menyerap tenaga kerja lokal serta meningkatkan pengembangan sumber daya manusia.

“Proyek ini akan bisa mempekerjakan lebih dari 30 ribu orang. Ini akan menjadi kawasan ekonomi khusus dengan banyak industri. Kemudian tadi disebutkan oleh Menhub bahwa landasan akan diperpanjang menjadi 2.400, sehingga nanti pesawat lebih besar bisa masuk dan kemudian pelabuhan lautnya juga bisa dibuat baik. Saya minta instansi kerja dengan benar supaya daerah ini memiliki nilai tambah,” ujar Luhut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat