bdadinfo.com

Proyek Tol Yogyakarta Bawen Lindas Kabupaten Magelang, Ada 6 Desa di Kecamatan Secang Siap-siap Jadi Jutawan karena Kebanjiran Duit - News

Jalan Tol Yogyakarta Bawen ini dilaksanakan oleh PT. Jasamarga Jogja Bawen (JJB) selaku Badan Usaha Jalan Tol dengan melintasi 2 Provinsi yaitu, Provinsi Jawa Tengah sepanjang 66,32 km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,80 km.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Yogyakarta Bawen atau Jalan Tol Yogelawen adalah jalan tol di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang menghubungkan Kota Yogyakarta menuju Bawen, Jawa Tengah.

Jalan Tol Yogyakarta Bawen ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Jalan tol ini akan memulai pembangunannya pada tahun 2018 akan tersambung di ruas tol Bawen, Jalan Tol Semarang-Solo.

Jalan Tol Yogyakarta Bawen ini direncanakan dibangun melayang di atas Selokan Mataram sepanjang 10 Km dan menembus terowongan antara Ambarawa dan Temanggung agar tidak merusak kawasan objek wisata kopi Banaran.

Baca Juga: Semarang Demak Bersatu! Jalan Tol Multifungsi Ini Memiliki Kekuatan Struktural di Bawah Air Mampu Atasi Banjir Rob di Bagian Utara Jawa Tengah

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menuturkan, dari hasil komunikasi dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, rute ruas tol ini telah ditetapkan.

Meskipun demikian, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR masih terus berupaya mematangkan rute tersebut beserta dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT).

Setelah kedua proses tersebut selesai, Kementerian PUPR akan melayangkan surat kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Yogyakarta.

Diharapkan tender pengadaan jalan tol tersebut dapat dilaksanakan pada tahun ini. Sehingga, ditargetkan proses pembangunannya dapat diselesaikan dalam dua tahun.

Dilansir dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Tol Bawen-Yogyakarta dirancang sepanjang 71 kilometer dengan kebutuhan investasi sekitar Rp 12,1 triliun.

Adapun Ditjen Bina Marga telah berkoordinasi dengan KPPIP untuk mendapatkan surat penetapan rute jalan tol. Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga telah diminta untuk menerbitkan Surat Kesesuaian Tata Ruang.

Baca Juga: Gubernur Sambut Baik Kehadiran Tazkia Cabang Padang sebagai Opsi Layanan Haji-Umrah bagi Warga Sumbar

-Seksi 1 (JC Sleman-Banyurejo) 8,25 km
-Seksi 2 (Banyurejo-Borobudur) 15,26 km
-Seksi 3 (Borobudur-Magelang) 8,08 km
-Seksi 4 (Magelang-Temanggung) 16,46 km
-Seksi 5 (Temanggung-Ambarawa) 22,56 km
-Seksi 6 (Ambarawa-JC Bawen) 5,21 km

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jogja Bawen terus mempercepat penyelesaian konstruksi Jalan Tol Yogyakarta - Bawen sepanjang 76,30 Km yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kehadiran Jalan Tol Yogyakarta Bawen yang terhubung dengan Tol Trans Jawa ruas Semarang - Solo diharapkan akan meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah, khususnya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Menteri Basuki berpesan kepada Badan Usaha Jalan Tol untuk bisa merumuskan strategi percepatan, sehingga penyelesaian Tol Yogyakarta - Bawen, khususnya Seksi 1 Sleman - Banyurejo bisa tuntas konstruksinya tepat waktu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat