bdadinfo.com

Semarang Demak Bersatu! Jalan Tol Multifungsi Ini Memiliki Kekuatan Struktural di Bawah Air Mampu Atasi Banjir Rob di Bagian Utara Jawa Tengah - News

 Jalan Tol Semarak Jalan Tol Semarang Demak adalah jalan tol yang terbentang sepanjang 24 kilometer yang menghubungkan daerah Kota Semarang dengan Kabupaten Demak.

- Jalan Tol Semarang Demak atau Jalan Tol Semarak Jalan Tol Semarang Demak adalah jalan tol yang terbentang sepanjang 24 kilometer yang menghubungkan daerah Kota Semarang dengan Kabupaten Demak.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Wahyu Utomo melakukan peninjauan proses pembangunan Jalan Tol Semarang Demak.

Jalan Tol Semarang Demak yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tersebut dibangun atas adanya kebutuhan pengembangan sistem jaringan jalan di wilayah pantai utara Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Gubernur Sambut Baik Kehadiran Tazkia Cabang Padang sebagai Opsi Layanan Haji-Umrah bagi Warga Sumbar

Dan sebagai solusi adanya permasalahan banjir rob di kota Semarang dan Kabupaten Demak, serta beberapa daerah Pantai Utara Jawa (Pantura) yang disebabkan oleh kombinasi antara perubahan iklim dan penurunan muka tanah.

Jalan Tol Semarang Demak bernilai investasi Rp5,44 triliun dengan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ini nantinya akan menghubungkan Kota Semarang dengan Kabupaten Demak sepanjang 26,95 km.

Dan terbagi menjadi 2 seksi, yaitu seksi 1 sepanjang 10,39 km dan seksi 2 sepanjang 16,31 km.

Dibangun tahun 2019 dan ditargetkan dapat diselesaikan keseluruhan sesi pada tahun 2025, Jalan Tol Semarang Demak memiliki tujuan utama.

Untuk mengurai kemacetan dan meningkatkan arus transportasi logistik di jalur Pantura Semarang-Demak-Surabaya.

Baca Juga: Sulawesi Utara Membangun Kejayaan! Rela Keluarkan Dana Jumbo Rp2 Triliun Demi Proyek SPAM Bitung Mampu Suplai Air 2 Kota dan 1 Kabupaten di Sulut

Selain itu, Jalan Tol Semarang Demak juga direncanakan terintegrasi dengan tanggul laut dan dilengkapi dengan kolam retensi.

Sehingga keberadaan Jalan Tol Semarang Demak ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi banjir rob yang terjadi di sepanjang pantai utara dan menjadikan keunikan tersendiri bagi jalan tol tersebut.

“Jalan Tol Semarang-Demak ini tidak hanya berfungsi meningkatkan konektivitas, tetapi juga menjadi solusi sementara banjir rob yang melanda wilayah tersebut. Selain itu, jalan tol ini memiliki keunikan lantaran menggunakan matras bambu untuk meningkatkan daya dukung tanah,” ujar Deputi Wahyu.

Secara fisiografi, Kota Semarang dan kota lainnya yang terletak pada dataran aluvial merupakan hasil endapan yang berasal dari daratan tinggi hasil transportasi melalui sungai-sungai dan gelombang di wilayah pantai.

Sedimen di dataran aluvial tersebut berasal dari pegunungan Serayu Utara di bagian selatan, dibatasi oleh perbukitan Kendeng di sebelah timur, dan berhadapan dengan Laut Jawa di bagian utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat