bdadinfo.com

Palembang Berharap-harap Cemas! Flyover Sekip Ujung Telan Dana Rp152 Miliar Dipoles untuk Mengurai Kemacetan di Ibukota Palembang Tapi Kapan Dibuka? - News

Paling dinanti-nanti masyarakat Palembang, Flyover Sekip Ujung dibangun sejak Juni 2022 untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas Jalan Basuki Rahmad-Jalan R. Sukamto dan ruas Jalan Amphibi-Jalan Angkatan 66, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Flyover Sekip Ujung di Kota Palembang.

Dirinya menargetkan, pembangunan flyover sepanjang 660 meter (m) tersebut dapat selesai pada Februari 2024 lebih cepat dari target kontrak pada April 2024.

"Rencana Soft Launching awal Februari 2024. PT. Waskita Karya harus bisa," kata Menteri Basuki dalam testimoni tertulisnya usai meninjau progres pembangunan Flyover Sekip Ujung di Palembang.

Baca Juga: Hore! Riau Rajanya Jalan Rusak di Indonesia Sepanjang 1073,5 km Seperti Kubangan Kerbau Resahkan Para Pengendara yang Melintas dan Rawan Kecelakaan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan flyover ini jadi kunci untuk mengurai kemacetan. Dengan lalu lintas yang semakin lancar, diharapkan akan mempernudah pergerakan orang dan barang, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas. Di samping itu akan memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Menteri Basuki.

Flyover Sekip Ujung dibangun sejak Juni 2022 untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas Jalan Basuki Rahmad-Jalan R. Sukamto dan ruas Jalan Amphibi-Jalan Angkatan 66, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Pembangunan Flyover Sekip Ujung memiliki panjang 660 meter, terdiri dari 190 meter (jembatan), 160 meter (oprit sisi Jalan Basuki Rahmad), dan 310 meter (oprit sisi Jalan R.Sukamto).

Pekerjaan fisik flyover dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga dengan kontraktor PT. Waskita Karya dan PT. Kencana (KSO) dengan dana yang bersumber dari Surat Berharga Syariat Negara senilai Rp152 miliar.

Berdasarkan data, hingga saat ini progres fisiknya mencapai 46,39%. Pada flyover Sekip ini juga akan dilakukan beautifikasi ornamen bangunan dengan mengedepankan seni dan budaya lokal sehingga dapat memperindah wajah Kota Palembang.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah di 54 Lokasi se-Indonesia

Sementar, penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, memastikan pembangunan Flyover Sekip Ujung Palembang akan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

Hal ini diungkapkan saat meninjau langsung pengerjaan pembangunan Fly Over Sekip Ujung Palembang, Sumatera Selatan.

"Kita harus bersyukur karena Kota Palembang, Sumatera Selatan menjadi lokasi pembangunan Flyover Sekip Ujung Palembang dari pemerintah pusat untuk mengatasi kemacetan di Kota Palembang," ujar Fatoni.

Pembangunan flyover Sekip Ujung Palembang diharapkan dapat mengurai salah satu titik kemacetan di Kota Palembang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat