bdadinfo.com

Wujudkan Sekolah Bersih dan Sehat, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Pesisir Selatan Lakukan IKL - News

Wujudkan Sekolah Bersih dan Sehat, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Pesisir Selatan Lakukan IKL (Kominfo Pesisir Selatan)


PESISIR SELATAN, - Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) tempat-tempat umum dilaksanakan dalam upaya pencapaian target indikator presentase tempat-tempat umum yang memenuhi syarat kesehatan.

Terkait hal tu, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan melakukan kegiatan IKL tersebut di SDN 06 Talang, Rabu (5/6). Kegiatan IKL di sekolah itu merupakan kegiatan Inspeksi kesehatan lingkungan pada Tempat Fasilitas Umum (TFU).

Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM menyebutkan, petugas pelaksana kegiatan IKL ini adalah Fima Meisa Ipelni, A.Md. Kes dan Rivaldo, SKM selaku Pelaksana Kesling Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan.

Baca Juga: Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan Askrindo untuk Percepat Proses Penagihan Subrogasi

Idrus menjelaskan, kegiatan IKL tersebut meliputi pemeriksaan seputar lingkungan sekolah, kebersihan ruangan kelas, kondisi pencahayaan dan kebisingan di setiap ruangan kelas, kondisi atap, dinding dan lantai setiap ruangan serta ventilasi.

Selanjutnya, halaman sekolah, ketersediaan air bersih, kebersihan WC yang digunakan sehari-hari, kebersihan diri siswa serta perilaku guru. Kegiatan IKL ke sekolah dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan dan Kesehatan, bangunan, halaman dan lingkungan sekitar sekolah.

Baca Juga: Febri Sugana Warga Agam Wakili Sumbar pada Nominasi Penghargaan Kalpataru 2024

Kemudian untuk menyelenggarakan upaya Promotif dan Preventif di sekolah, serta mewujudkan sekolah yang memenuhi syarat kesehatan untuk menigkatkan kualitas Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah.

"Hasil dari IKL TFU itu nantinya akan menunjukkan sekolah tersebut memenuhi syarat kesehatan atau tidak memenuhi. Dari permasalahan yang ditemukan selanjutnya diberikan rekomendasi tindak lanjut. Dalam kesempatan tersebut, pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puskesmas dan menyambut baik kegiatan IKL di sekolah mereka," ungkapnya. ***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat