bdadinfo.com

Puskesmas Tanjung Makmur Pesisir Selatan Lakukan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular - News

Puskesmas Tanjung Makmur Pesisir Selatan Lakukan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (Kominfo Pesisir Selatan)


PESISIR SELATAN, - Puskesmas Tanjung Makmur, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan program pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular) tahun 2024, Selasa (4/6).

Kepala Puskesmas Tanjung Makmur, Yulia Nilawati, Selasa (4/6) mengatakan, program pemeriksaan PTM itu dilakukan dengan cara skreening PTM pada guru dan staf SDN 07 Silaut.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan tekanan darah dan gula darah serta dilakukan konseling. Dalam kegiatan tersebut didapatkan penderita Hipertensi sebanyak 5 orang dan gula darah tinggi 2 orang.

Baca Juga: Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan Askrindo untuk Percepat Proses Penagihan Subrogasi

Disebutkan, penyakit tidak menular ini merupakan penyakit yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis).

"Pada perjalanan awal sering tidak bergejala, banyak yang tidak mengetahui dan menyadari jika mengidap PTM. Untuk itu perlu dilakukan skreening untuk menghindari faktor resiko, seperti penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi," katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Intan Novia Nanda mengapresiasi Puskesmas Tanjung Makmur, Kecamatan Silaut yang telah melakukan program PTM tersebut.

Baca Juga: Febri Sugana Warga Agam Wakili Sumbar pada Nominasi Penghargaan Kalpataru 2024

"Program itu sangat penting guna mengetahui seseorang mengidap PTM. Dalam hal ini perlu dilakukan skreening untuk menghindari faktor resiko, seperti penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi," tutupnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat