bdadinfo.com

Jadi Anak Emas Jokowi! Kalimantan Timur Punya Tiga Kota Metropolitan yang Super Megah Seperti IKN Sebagai Kota Masa Depan Ramah Lingkungan - News

Tiga kota di Kalimantan Timur yang bakal menjadi kota metropolitan super megah  yakni Bontang, Balikpapan dan Samarinda bisa jadi kota masa depan yang ramah lingkungan, ramah terhadap penyandang disabilitas maupun infrastrukturnya betul-betul hijau

- Provinsi Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi di pulau Kalimantan, Indonesia.

Luas total Kalimantan Timur adalah 127.346,92 km². Populasi provinsi ini pada 2020 sebanyak 3.941.766 jiwa, dan pada akhir 2023 sebanyak 4.007.736 jiwa.

Kalimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah ke empat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489 km persegi yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Baca Juga: Review Film 'Bad Boys: Ride or Die': Petualangan Baru Mike dan Marcus

Kalimantan Timur berbatasan dengan Sarawak (Malaysia Timur), kemudian Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik meyakini kota-kota di Kalimantan Timur (Kaltim) bisa mewujudkan kota yang liveable dan loveable seperti dipesankan Presiden Joko Widodo.

Pesan Presiden Joko Widodo itu disampaikan saat Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII tahun 2024 mengusung tema Kota Sejahtera, Indonesia Maju perlu dipahami bersama.

Baca Juga: Dirut Semen Padang Serahkan Rumah Bantuan TMMD, Nelirismen: Anugerah bagi Keluarga Kami!

“Makanya, tiga kota yang kita miliki, yakni Bontang, Balikpapan dan Samarinda bisa jadi kota masa depan yang ramah lingkungan, ramah terhadap penyandang disabilitas maupun infrastrukturnya betul-betul hijau,” kata Akmal Malik usai Pembukaan Rakernas Apeksi XVII tahun 2024, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC).

Akmal meminta agar tiga kota dimaksud dapat memahami apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Karena, sesuai arahan Presiden Jokowi, di Indonesia pada 2045 penduduk lebih banyak berada di perkotaan dengan jumlah kurang lebih 70 persen.

 “Makanya, kita akan terus dorong pemerintah kota maupun kabupaten di Kaltim untuk memiliki perencanaan detail pembangunan daerah,” jelasnya.

Baca Juga: Sekitar 7 Ribu Debitur Bank Nagari yang Terdampak Covid-19 Kini Sudah Pulih Kembali

Selanjutnya, Akmal meminta agar dukungan seluruh Apeksi dapat berkontribusi terhadap pengembangan pembangunan IKN Nusantara. Sehingga progres pembangunan IKN terus tumbuh baik ke depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat