bdadinfo.com

Bupati Tanah Datar Hangat Sambut Jepang Bangun Proyek Baru 56 Sabo Dam di Sumatera Barat, 40 Diantaranya di Wilayah Tanah Datar - News

Pemerintah Pusat akan membangun 56 Sabo Dam di Sumbar dari 56 Sabo Dam, 40 diantaranya berada di Tanah Datar karena memang banyak hulu sungai di wilayah ini, dan untuk tahun 2024 akan mulai dibangun 6 sampai 8 Sabo Dam yang disesuaikan hasil investigasi tim di lapangan, sisanya akan dilakukan di tah

 - Pihak Kontraktot asal Jepang yaitu Japan International Cooperation Agency (JICA) Sabo Dam di Indonesia salah satunya di Sumatera Barat.

Marapi atau Gunung Marapi adalah sebuah gunung berapi kompleks di Sumatera Barat, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung berapi paling aktif di Sumatra dan namanya berarti "Gunung Api".

Ketinggiannya adalah 2.891 meter (9.465,2 kaki). Beberapa kota besar dan kecil terletak di sekitar gunung ini termasuk Bukittinggi, Padang Panjang, dan Batusangkar.

Baca Juga: Jadi Anak Emas Jokowi! Kalimantan Timur Punya Tiga Kota Metropolitan yang Super Megah Seperti IKN Sebagai Kota Masa Depan Ramah Lingkungan

Gunung Marapi sendiri terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Erupsi Gunung Marapi menghasilkan abu vulkanik yang membumbung tinggi ke atas berwarna kelabu dengan intensitas yang tebal

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk terus memperkuat kerja sama di bidang teknologi pembangunan Sabo Dam.

Pembangunan dan rehabilitasi sabodam bertujuan untuk mengurangi risiko dampak banjir lahar dari gunung berapi di Indonesia.

Baca Juga: Inggris Takluk dalam Pertandingan Melawan Islandia, Gareth Southgate Beri Alasan Begini!

Gunung Marapi kembali meletus siang ini. Letusan abu vulkanik tercatat mencapai ketinggian 2.000 meter dari atas puncak.

Petugas Pengamat Gunung Api (PGA) melaporkan, erupsi terjadi pukul 13.04 WIB dan terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30,4 milimeter dan durasi 2 menit 2 detik.

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 30 Mei 2024 pukul 13.04 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Marapi.

Baca Juga: Awas Penyakit DBD: Warga Jakarta Timur Terancam Denda 50 Juta Jika ada Jentik Nyamuk di Rumah

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Barat pada Selasa, 21 Mei 2024, menyebutkan dibutuhkan 56 Sabo Dam untuk mengurangi risiko banjir lahar dingin dan material dari Gunung Marapi.

Dalam pertemuan bilateral dengan Senior Vice President JICA, Kawamura Kenichi, di sela-sela acara World Water Forum ke-10 di Bali pada Rabu, 22 Mei 2024, Basuki mengatakan kebutuhan Sabo Dam sekarang tidak hanya di Gunung Semeru atau Gunung Merapi di Pulau Jawa, tetapi juga di gunung-gunung di Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat