bdadinfo.com

Kota Mataram Dipaksa Walikota Disini! Konstruksi Bangunan IPAL Bakal Jadi Terbesar dan Multifungsi di NTB, Siap Salurkan Lebih Dari 10 Ribu SR - News

Proyek IPAL Komunal di Mataram (Freepik)

 

- Konstruksi mega proyek strategis nasional di Kota Mataram, NTB sedang dalam tahap pengerjaan IPAL di Kelurahan Tanjung Karang.

Pemerintah Kota Mataram bersama Asean Development Bank (ADB) dan Balai Perumahan dan Pemukiman Wilayah Provinsi NTB.

ADB dan Balai Perumahan dan Pemukiman Wilayah Provinsi NTB membahas teknis pembangunan instalasi pengolahan limbah komunal di Kelurahan Tanjung Karang. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Erick Thohir: Tidak Boleh Berpuas Diri

IPAL komunal yang bisa melayani sebanyak 13.500 rumah tangga di Kecamatan Ampenan dan Kecamatan Sekarbela.

Kepala BPPW Provinsi NTB, Yanuar S Nugroho menjelaskan, pihaknya dengan Asean Development Bank sudah mengecek lokasi IPAL komunal yang disediakan oleh Pemkot.

Pemkot Mataram yang berada di Kelurahan Tanjung Karang dengan progres selanjutnya, penyiapan administrasi dan dokumen lainnya untuk kesiapan lelang. 

Baca Juga: Tingkatkan Keandalan Listrik Jelang Idul Adha, PLN Padang Giatkan Pembersihan Jaringan

Lelang tender yang ditargetkan semester III atau paling lambat September karena pengerjaan dimulai tahun 2025 dengan sistem multiyear.

“Karena format lelangnya dari ADB jadi proses lelang agak panjang mengikuti format yang tidak biasanya. Dari internasional juga bisa ikut lelang,” terang Yanuar di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram pada Jumat 7 Juni 2024.

Baca Juga: Diresmikan 15 Tahun Lalu, Siapa Sangka Jembatan Terpanjang Ini Pernah Jadi Tol Kini Berubah, Begini Alasannya

Menurut keterangan konstruksi IPAL komunal yang diperkirakan selama tiga tahun dan diharapkan 2029 sudah dapat selesai. 

Tempat pengolahan limbah yang ditargetkan melayani 13.500 sambungan rumah tangga di dua kecamatan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat