bdadinfo.com

2 Provinsi Menang Banyak! Hutama Karya Genjot Dua Proyek Mega Junction Tol Trans-Sumatera, Target Selesai Tahun 2025 untuk hubungkan Riau - Sumsel - News

Hutama Karya Genjot Dua Proyek Mega Junction Tol Trans-Sumatera (Freepik.com/@evening_tao)

- PT Hutama Karya (Persero) sedang menggarap dua proyek junction di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Proyek ini meliputi Ruas Tol Rengat-Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru sepanjang 30,57 km dan Junction Palembang sepanjang 8,25 km.

Kedua proyek ini ditargetkan selesai pada tahun 2025, dengan pengerjaan yang dimulai pada akhir Desember 2023.

Baca Juga: Asyik! Rela Kucurkan Biaya Rp6,3 T Demi Segera Kebut Pengerjaan Proyek Bendungan Terbesar dan Multifungsi Plus Salurkan Hydropower Pembangkit Listrik

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyatakan bahwa kedua junction ini akan menghubungkan sejumlah ruas JTTS di Provinsi Riau dan Sumatera Selatan.

"Proyek junction ini kita desain untuk mendukung akses Jalan Tol Trans-Sumatera yang telah beroperasi. Kedua proyek ini mulai digarap pada akhir Desember 2023, dengan target rampung tahun 2025 mendatang," ujarnya dikutip dari laman Hutama Karya, Jumat, 14 Juni 2024.

Progres dan Rincian Proyek

Baca Juga: Rampung Juni 2024! Rela Bangun Proyek Sistem Jaringan Air Berkualitas Tinggi Digadang Bakal Salurkan Pasokan di 3 Titik Kabupaten Terkenal di Sulteng

1. Tol Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru

Proyek Tol Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru menunjukkan progres yang signifikan hingga akhir Mei 2024, dengan progres fisik mencapai 16,27 persen dan pengadaan lahan sebesar 26,17 persen.

Secara teknis, proyek ini dirancang memiliki lebar jalur 3,6 meter dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal.

Fasilitas pendukungnya termasuk 1 Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) atau Rest Area Tipe A pada titik STA 190+450, 3 Gerbang Tol (GT), 3 Interchange (IC), dan 3 Jembatan Sungai.

Baca Juga: Keajaiban Tak Disangka! Pakuwon Borong Lahan Tanah Kabupaten Semarang Dikeruk Jadi Apartment Superblok Epicentrum dan Premier Segera Dimulai

Dengan kecepatan rencana maksimum 100 km/jam, ruas ini akan menghubungkan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dengan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, meningkatkan konektivitas di wilayah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat