bdadinfo.com

Perjalanan Spiritual dan Hikmah Mendalam Ibadah Haji! Memahami Tahapan dan Makna Ibadah yang Menggerakkan Hati - News

Langkah Ibadah Haji 1445H (Freepik.com/@dinar_aulia)

 

- Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu, baik secara fisik maupun finansial.

Ibadah ini merupakan perjalanan spiritual yang penuh makna, menuntun para jamaah untuk menapaki langkah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW, serta memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Langkah-langkah Ibadah Haji:

Baca Juga: Sambut Hari Keluarga Nasional, BPJS Ketenagakerjaan Kenalkan Dunia Kerja Pada Anak Lewat Kids Go to Office

Ibadah haji terbagi menjadi beberapa tahapan penting, yaitu:

1. Miqat dan Niat

Perjalanan haji dimulai dengan miqat, yaitu batas wilayah di mana jamaah wajib berniat haji. Ada beberapa miqat yang telah ditentukan, tergantung dari mana jamaah berasal.

Setelah miqat, jamaah melakukan niat haji, yaitu memantapkan hati untuk melaksanakan ibadah haji dengan ikhlas dan penuh khusyuk.

Baca Juga: Amankan Listrik Selama Idul Adha 1445 H, PLN Tetapkan Masa Siaga Tiga Hari Berturut

2. Ihram

Setelah niat haji, jamaah memasuki ihram, yaitu mengenakan pakaian khusus berwarna putih polos bagi laki-laki dan jilbab putih bagi perempuan.

Dalam keadaan ihram, jamaah diwajibkan untuk menjaga diri dari berbagai larangan, seperti bercukur, memotong kuku, dan berpakaian dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan.

3. Wukuf di Arafah

Baca Juga: Teks 'Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tingkatkan Literasi Masyarakat', Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 41 Kurikulum Merdeka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat