bdadinfo.com

Sumatera Utara Semakin Panjang dan Singkat! PT Hutama Karya Tingkatkan Fasilitas Ruas Tol di Sumatera Utara - News

PT Hutama Karya (Persero) berhasil menambah panjang konektivitas Jalan Tol Trans Sumatra di Sumatra Utara.

- PT Hutama Karya (Persero) kembali melakukan aksinya dengan menambah konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera di wilayah Sumatera Utara.

Pada tahun 2024 telah beroperasi dua seksi baru yaitu Tol Binjai-Langsa Seksi dua Segmen Kuala Bingai-Tanjung Pura dengan panjang 19 km.

Hadirnya mempersingkat waktu dari Binjau ke Tanjung Pura, sebelumnya harus memakan waktu 1,5 jam menjadi 30 menit, sedangkan Tol Indrapura-Kisaran seksi dua sepanjang 32,15 km dan mempersingkat waktu tempuh dari Medan ke Kisaran yang sebelumnya 5 jam menjadi 2,5 jam.

Baca Juga: Asyik! Rela Kucurkan Biaya Rp6,3 T Demi Segera Kebut Pengerjaan Proyek Bendungan Terbesar dan Multifungsi Plus Salurkan Hydropower Pembangkit Listrik

Dilansir dari hutamakarya.com, pada 15 Juni 2024, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyatakan bahwa sebelumnya Hutama Karya telah mengoperasikan Tol Binjai-Langsa Seksi satu (Binjai-Stabat) semenjak 11 Februari 2022.

Kemudian, Seksi dua Segmen Stabat-Kuala Bingai dibangun sejak 20 September 2023 dan Tol Indrapura-Kisaran Seksi satu (Indrapura-Lima Puluh) dan Tol Tebing Tinggi-Sinaksak melalui anak perusahaan PT Hutama Marga Waskita pada 10 November 2024.

"Khusus untuk Tol Binjai-Langsa Seksi satu (Binjai-Stabat) yang telah beroperasi selama 2 tahun ini telah dilakukan penambahan fasilitas, baik dari sisi lalu lintas dan transaksi ataupun pada peningkatan pelayanan dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)," kata Adjib.

Baca Juga: Indonesia Tetap Maju 2026! Pakuwon Beri Penegasan, Dipastikan Proyek IKN Terus Digarap, Biarpun Kepala dan Wakil Otorita IKN Hengkang

Jika dilihat dari sisi lalu lintas dan transaksi, Hutama Karya telah melakukan penambahan lampu flip-flop, rumble stripes dan reflektor yang berguna untuk mengantisipasi kecelakaan ketika malam hari.

Kemudian terdapat layanan derek gratis serta pemasangan CCTV dengan dua mata kamera di setiap jalan tol yang bisa diakses melalui aplikasi HK Toll Apps.

Terakhir dari sisi kualitas, peningkatan dilakukan dengan cara pemeliharaan secara rutin untuk menghindari adanya pathole (lubang) di jalan tol dan peningkatan beautifikasi pada jalan tol.

Baca Juga: Rampung Juni 2024! Rela Bangun Proyek Sistem Jaringan Air Berkualitas Tinggi Digadang Bakal Salurkan Pasokan di 3 Titik Kabupaten Terkenal di Sulteng

Selain meningkatkan SPM pada Tol Binjai-Stabat, Hutama Karya menginformasikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan penetapan tarif pada Tol Indrapura-Kisaran seksi dua (Lima Puluh-Kisaran) karena sudah beraoperasi tanpa tarif selama satu bulan.

"KepMen PUPR No. 1228/KPTS/M/2024 terkait Nominal Tarif Tol Indrapura-Kisaran seksi Lima Puluh-Kisaran yang telah dikeluarkan per tanggal 31 Mei 2024, dengan itu dalam waktu dekat akan diberlakukan taif," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat