bdadinfo.com

Lebih Bijak di Momentum Idul Adha! Yuk, Hindari Konsumsi Daging Berlebih karena akan Memicu Banyak Efek Samping Seperti Ini - News

Efek samping berlebihan konsumsi daging di Hari Raya Idul Adha

Momentum Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang selalu dinanti-nanti dan disambut baik oleh seluruh umat muslim di dunia setiap tahunnya.

Pasalnya, Hari Raya Idul Adha yang juga dikenal sebagai hari raya kurban ini begitu banyak mendatangkan manfaat, khususnya bagi orang-orang sekitar.

Dengan berkurban, seseorang bisa lebih dekat dengan Allah SWT, lebih bersyukur, dapat membantu memberdayakan usaha ternak lokal, termasuk dapat mensucikan diri dan harta benda yang dimilikinya.

Baca Juga: Muhadjir Effendy: Upacara HUT Ke-79 RI akan Digelar di IKN Kalimantan Timur dan Istana Kepresidenan Jakarta

Melalui momentum ini, seseorang dapat berbagi rezeki dalam bentuk daging hewan ternak, berupa sapi maupun kambing.

Saat momentum Idul Adha tiba, orang-orang biasanya akan lebih sering mengonsumsi daging-dagingan daripada jenis protein lainnya.

Daging-daging itu nantinya dapat diolah menjadi menu hidangan seperti, gulai, rendang, semur daging, sate, tongseng, sop daging, hingga dendeng balado.

Baca Juga: Fakta! Bangun Jembatan Jika Salah Bisa Diperbaiki, Kalau Pendidikan Salah? Rusaklah Negeri ini

Berbagai macam sajian menu yang telah disebutkan itu nyatanya memang dapat menggugah selera, akan tetapi pengonsumsian daging secara berlebihan tentu juga tidak akan baik bagi kesehatan.

Oleh karenanya, setiap mendekati Hari Raya Idul Adha, termasuk pada tahun ini yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024, biasanya sejumlah pakar kesehatan akan memberikan imbauan atau mewanti-wanti pengonsumsian daging kurban agar tidak dilakukan secara berlebihan.

Selain itu, pakar kesehatan juga akan memberikan informasi tentang apa saja efek samping yang bisa terjadi akibat mengonsumsi daging secara berlebihan.

Melansir dari kanal YouTube dr. Saddam Ismail, berikut adalah efek samping dari pengonsumsian daging-dagingan yang terlalu banyak, diantaranya:

Baca Juga: Fakta! Bangun Jembatan Jika Salah Bisa Diperbaiki, Kalau Pendidikan Salah? Rusaklah Negeri ini

1. Sembelit

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat