bdadinfo.com

Muhadjir Effendy: Upacara HUT Ke-79 RI akan Digelar di IKN Kalimantan Timur dan Istana Kepresidenan Jakarta - News

Kesiapan lokasi upacara HUT RI Ke-79 di IKN

- Persiapan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024 Memasuki Tahap Akhir.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengumumkan bahwa pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia akan berlangsung secara simultan di dua lokasi utama, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Pengumuman ini disampaikan oleh Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, setelah menghadiri rapat terbatas terkait persiapan upacara tersebut.

Baca Juga: Fakta! Bangun Jembatan Jika Salah Bisa Diperbaiki, Kalau Pendidikan Salah? Rusaklah Negeri ini

Menurut Muhadjir Effendy, upacara di IKN akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kehadiran sejumlah tamu negara, termasuk duta besar dari negara sahabat, direncanakan untuk turut serta dalam upacara tersebut.

"Duta besar juga nanti di IKN dan tidak menginap, jadi langsung upacara terus balik," ungkap Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Trans Sumatera, Membuka Konektivitas Baru untuk Riau dan Sumatera Barat

Sementara itu, upacara di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, bersama dengan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi mengusulkan untuk memberikan perhatian khusus terhadap sejumlah tokoh nasional, termasuk mantan presiden dan wakil presiden.

"Pak Presiden merekomendasikan agar tokoh-tokoh tersebut mendapat perhatian, baik di sini maupun di IKN," tambahnya.

Baca Juga: Sawahlunto Bersatu Menghadapi Bencana, Cepat Tanggap Atasi Banjir dan Longsor

Persiapan Detail dan Agenda

Rapat yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta pemangku kepentingan terkait, juga membahas berbagai aspek terkait perhelatan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat