bdadinfo.com

Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Trans Sumatera, Membuka Konektivitas Baru untuk Riau dan Sumatera Barat - News

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera

- Pekanbaru, 31 Mei 2024, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi meresmikan jalan tol baru yang menjadi bagian penting dari proyek jalan tol Trans Sumatera, yakni jalan tol Pekanbaru – Padang Ruas Bangkinang – Pangkalan Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar.

Acara peresmian ini berlangsung di XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi pemerintahan, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Pj. Gubernur Riau S.F. Hariyanto, serta Pj. Walikota Kampar Muhammad Firdaus.

Jalan tol ini memiliki panjang total 24,7 kilometer dan merupakan kelanjutan dari jalan tol Pekanbaru – Bangkinang yang sebelumnya telah diresmikan pada Januari 2023.

Baca Juga: Sawahlunto Bersatu Menghadapi Bencana, Cepat Tanggap Atasi Banjir dan Longsor

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya proyek ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antarwilayah di Sumatera Barat.

"Hari ini jalan tol Pekanbaru – Padang seksi Bangkinang – Pangkalan tahap I, yaitu Bangkinang – Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 km," kata Presiden Joko Widodo.

Proyek jalan tol ini tidak hanya akan memperlancar arus transportasi dari Pekanbaru ke Padang dan sebaliknya, tetapi juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau, terutama di Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Festival Sungai Ciliwung! Pertamina Melestarikan Gerbang Biru Ciliwung untuk Pengembangan Ekosistem Sungai

Dengan menghubungkan wilayah-wilayah produktif seperti kawasan pertanian, perkebunan, dan pariwisata, jalan tol ini diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat serta meningkatkan mobilitas barang dan orang.

Konstruksi jalan tol ini dimulai setelah proses pembebasan lahan pada bulan Mei 2019 dengan total investasi mencapai Rp4.833 miliar.

Pemerintah berharap bahwa jalan tol ini juga akan memudahkan akses ke berbagai destinasi pariwisata di Sumatera Barat, seperti Candi Muara Takus dan objek wisata lainnya, yang akan mendukung perkembangan sektor pariwisata regional.

Baca Juga: Koneksikan Banyak Tol Sekaligus, Indrapura-Kisaran Sepanjang 47 Km Sekrang Cuma Perlu Bayar Rp64 Ribu: Perjalanan Jadi Hitungan Menit!

Dengan diresmikannya jalan tol ini, total panjang jalan tol yang beroperasi di wilayah Riau kini mencapai 186,7 kilometer, yang terdiri dari jalan tol Pekanbaru – Dumai sepanjang 131 kilometer, jalan tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 31 kilometer, dan jalan tol Bangkinang – XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer.

Peresmian jalan tol ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam memperluas infrastruktur transportasi di Indonesia, seiring dengan upaya untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat