bdadinfo.com

Festival Sungai Ciliwung! Pertamina Melestarikan Gerbang Biru Ciliwung untuk Pengembangan Ekosistem Sungai - News

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar bersama Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati melihat papan edukasi Gerbang Biru Ciliwung saat acara Festival Ciliwung 2024 di Omah Maja, Margonda, Depok.

- PT Pertamina (Persero) turut serta dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan Gerakan Membangun Bersih Indah Lestari Rahayu Ciliwung (Gerbang Biru Ciliwung).

Program ini masuk dalam daftar Festival Ciliwung 2024 yang resmi dibuka pada 15 Juni 2024, di Omah Maja, Depok, Jawa Barat.

Dilansir dari pertamina.com, pada 16 Juni 2024, Festival Ciliwung melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam skema Pentahelix. Seperti akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, media, dan masyarakat dan komunitas.

Baca Juga: Koneksikan Banyak Tol Sekaligus, Indrapura-Kisaran Sepanjang 47 Km Sekrang Cuma Perlu Bayar Rp64 Ribu: Perjalanan Jadi Hitungan Menit!

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan bahwa kolaborasi Pentahelix terus terjaga dan bisa mewujudkan program-program lingkungan yang ada.

"Hari ini sebagai bagian dari tindak lanjut dari hasil Ministerial Declaration on Water For Shared Prosperity yang ke-10 World Water Forum 2024. Saya mengucapkan terima kasih untuk Pertamina dan seluruh anggota masyarakat untuk turut serta kegiatan yang sangat membanggakan ini," kata Nurbaya dalam sambutannya.

Salah satu komitmen yang disepakati yaitu mendorong konservasi perlindungan dan keberlanjutan sumber daya air termasuk air tanah dan elemen penting untuk aktivitas manusia dan ekosistem.

Baca Juga: Harry Kane Optimis Membawa Timnas Inggris Meraih Gelar Euro 2024, Gak Takut Gagal Lagi?

Untuk air, dijelaskan bawha permukaan di sungai mulai dari pengembangan pengelolaan air secara berkelanjutan.

Walikota Depok, Muhammad Idris menambahkan bahwa kolaborasi dengan berbagai sektor yang sangat dibutuhkan.

Kedepannya, tidak hanya Sungai Ciliwung namun ada beberapa sungai yang dapat dikembangkan di wilayahnya.

Baca Juga: Bakal Rampung di Tahun 2024, 2 Rest Area Megah di Sumatera Utara ini Konstruksinya Sudah Tahap Akhir: Jadi Salah Satu yang Paling Besar di Indonesia?

"Salah satunya yaitu sungai Cisadane yang merupakan sungai besar setelah Ciliwung yang bisa dikembangkan untuk manfaatnya di Kota Depok ini," ucap Idris.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyampaikan kalau Ciliwung bisa menjadi sungai yang memberikan dampak yang baik untuk masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat