bdadinfo.com

Pemkab Agam Tingkatkan SDM Kompetitif Melalui Pelatihan Kewirausahaan bagi UMKM - News

Pemkab Agam Tingkatkan SDM Kompetitif Melalui Pelatihan Kewirausahaan bagi UMKM (Humas Pemkab Agam )

- Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan kompetitif serta masuknya era globalisasi, Pemerintah Kabupaten Agam terus berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu skala prioritas. Langkah ini diambil untuk memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Sejalan dengan visi dan misi Pemkab Agam untuk membangun perekonomian masyarakat yang kokoh melalui optimalisasi sumber daya daerah serta terwujudnya SDM yang mandiri dan berdaya saing, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KopUKM) melaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi para pelaku UMKM.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta ini dilaksanakan di Hotel Sakura Syariah dari tanggal 19 hingga 21 Juni 2024.

Baca Juga: Atlet Muda Agam Merajai O2SN SMK se-Sumatera Barat

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs H Edi Busti MSi, dalam sambutannya menekankan pentingnya semangat kewirausahaan dan kemampuan mengelola usaha.

"Perlu dibangun semangat kewirausahaan, kemampuan untuk mengelola usaha, yakni ide dan gagasan menjadi seorang wirausaha di sektor UMKM," ujarnya pada pembukaan kegiatan, Rabu, 19 Juni 2024.

Edi Busti juga menyampaikan bahwa saat ini UMKM diberikan kesempatan lebih luas baik dari akses permodalan maupun kegiatan usaha.

Baca Juga: Peringatan Perang Manggopoh ke-116, Menguatkan Persatuan untuk Membangun Agam

"Ketika kita punya entrepreneurship, modal utama dari usaha adalah trust. Modal paling hebat adalah kepercayaan. Jika bisa membangun kepercayaan, itu merupakan pintu gerbang sukses pertama," tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa seorang wirausahawan harus memiliki karakter disiplin, jujur, dan tidak egois.

Dalam era digital saat ini, Edi Busti mengingatkan bahwa penjualan semakin dipermudah.

"Tidak harus punya toko, cuma bermodal smartphone saja bisa berjualan bahkan hingga mencakup seluruh dunia," katanya.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman UMKM tentang pengembangan kewirausahaan.

Selain itu, diharapkan pula agar sumber daya manusia UMKM menjadi lebih handal dan berkompeten guna membangun perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat