bdadinfo.com

Hadiri Pelantikan Pengurus Bundo Kanduang Kelurahan Lohong, Ini Harapan Pj Wali Kota Pariaman - News

Hadiri Pelantikan Pengurus Bundo Kanduang Kelurahan Lohong, Ini Harapan Pj Wali Kota Pariaman (Kominfo Kota Pariaman)


KOTA PARIAMAN, - Hadiri Pelantikan Pengurus Bundo Kanduang Kelurahan Lohong, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, ini harapan Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, dimana dirinya mengucapkan selamat dan berharap agar para pengurus Bundo Kanduang yang dilantik, dapat amanah dalam menjalankan kewajibanya.

“Para Bundo Kanduang ini memiliki peran dan tugas yang penting dalam keluarga dan masyarakat, seperti menanamkan nilai-nilai adat budaya Minangkabau, mulai dari budaya malu, sopan santun, etika, adab dan lain sebagainya kepada generasi penerus,” ujar Roberia ketika memberikan sambutan pada pelantikan dan pengukuhan Bundo Kanduang Kelurahan Lohong, di Café Tongkopi, Sabtu siang (22/6/2024).

Dirinya mengatakan, dengan adanya organisasi bundo kanduang, pertanda adat budaya Minangkabau itu melekat pada diri orang Minang dimana mereka berada. Melalui eksistensi para bundo kanduanglah, budaya adat Minangkabau dirawat dan dijaga.

Baca Juga: Bangga! 6 Daerah di Indonesia ini Jadi Favoritnya Para Bos Kaya Raya Dunia Tanamkan Modal, 2 Provinsi di Antaranya Ternyata Ada di Sumatera: Sumbar?

“Saya berharap, peran bundo kanduang dapat kita tampilkan kembali dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga anak-anak kita, generasi penerus bangsa kita ini, akan mempunyai akhlak dan budi pekerti yang luhur, tidak hanya pintar saja, sehingga nantinya akan melahirkan pemimpin yang baik dimasa-masa yang akan dating,” tukasnya.

Roberia menjelaskan sesuai dengan falsafah Minangkabau "Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, alam takambang jadi guru", keberadaan budaya Minangkabau telah menempatkan kedudukan Bundo Kanduang pada posisi yang sangat tinggi dan mulya, menjadikannya memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam menanamkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau.

Baca Juga: Kunci Jawaban Evaluasi Bab 6 Matematika Kelas 2 Halaman 187-189 Kurikulum Merdeka: Pengukuran Berat Benda

“Selain membentuk akhlak dan etika generasi muda, peran bundo kanduang juga diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial lainnya, baik itu di lingkungan keluarga, sanak famili, maupun di lingkungan tempat tinggal, baik sebagai pemimpin dalam kaum, maupun sebagai pemimpin masyarakat dalam kampung dan Nagari,” tutupnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat