bdadinfo.com

Kejutan Baru Kaltim! Kemenhub Budi Karya Sumadi Rencananya akan Hadirkan Pelayaran Kapal Terunik dan Premium IKN, Destinasi Pariwisata Siap Melayani - News

Kapal Pinisi Terbaru IKN dari Kemenhub (Freepik)

- Kejutan baru dari proyek besar Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur masih fokus perihal konstruksi meliputi fasilitas yang baru akan disuguhkan.

Menhub, Budi Karya Sumadi tengah dukung rencana pelayaran kapal pinisi untuk wisata menuju Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Keterangan resmi dari Menhub, langkah ini penting untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Selamat Tinggal Jokowi! BlueScope dan Idealtata Bakal Luncurkan Ideal X Series Demi Solusi Atap dan Dinding Tahan Ambruk Selama 30 Tahun

Selain itu terlebih lagi potensi wisata di perairan Balikpapan sangat menarik untuk dinikmati.

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut sudah menetapkan dua rute untuk layanan kapal pinisi yaitu dari Pelabuhan Semayang – Jembatan Pulau Balang (passing)

Selain itu, ada Jembatan Pulau Balang (passing) menuju Dermaga PT ITCI KU lalu (memutar) menuju Pelabuhan Semayang. 

Baca Juga: Juaranya Jawa Tengah! Presiden Jokowi Jalin Kerjasama Dengan Kementan RI, Sediakan Konstruksi Mega Proyek Pompanisasi Jadi Perekonomian Indonesia Baik

Rute selanjutnya dari Dermaga PT ITCI KU menuju Jembatan Pulau Balang (passing) lalu ke Pelabuhan Semayang (memutar) berakhir di Dermaga PT ITCI KU.

“Potensi wisata di perairan Balikpapan yang masih hijau dan alami sangat mengagumkan dan sayang sekali apabila tidak dimaksimalkan,” tutur Budi Karya Sumadi.

“Karena itu, hari ini saya meninjau Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang rencananya akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi,"

Baca Juga: Sorotan Emasnya Jokowi! DI Yogyakarta Rela Kebut Diversifikasi Lokal Demi Mendongkrak Ketahanan dan Kemandirian Pangan di Kabupaten Sleman

“untuk kepentingan wisata di wilayah Balikpapan, khususnya untuk menuju kawasan IKN,” ujar Menhub pada Jumat 21 Juni 2024.

Setelah itu, Menhub juga menyampaikan, jalur laut dasarnya dapat memotong waktu dari Balikpapan menuju IKN dibanding menggunakan transportasi darat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat