bdadinfo.com

Intip Kecanggihan Mobil Listrik Sekda Riau SF Hariyanto, Bisa Tempuh 500 KM Sekali Charge - News

Mobil listrik pejabat Pemprov Riau SF Hariyanto Foto: Suara

- Belum usai kontroversi kemewahan yang ditampilkan keluarga Sekda Riau SF Hariyanto sebagai pejabat pemerintahan. Kini Muncul pemberian mobil listrik seharga Rp1,3 miliar untuk Sekda Riau SF Hariyanto serta petinggi lainnya.

Terlepas dari kontroversi soal kemewahan yang tengah menyorot kehidupan SF Hariyanto, Pemprov Riau memang baru saja memborong 8 unit mobil listrik Toyota bZ4X seharga Rp10 miliar lebih.

Toyota bZ4X merupakan mobil listrik murni pertama yang dijual Toyota untuk konsumen di tanah air. Karenanya mobil ini merupakan model yang didatangkan langsung dari Jepang negara prinsipilnya.

Baca Juga: Ciee Sekda Riau SF Hariyanto Cs Dapat Mobil Listrik Nih, Harganya Bikin Elus Dada

Diatas kertas, mobil listrik ini menggendong baterai baterai Lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh dengan voltase 355 Volt. Dalam kondisi baterai penuh, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 500 kilometer.

Teknologi elektrifikasi yang ditanamkan pada Toyota bZ4X juga terbilang modern, dimana sistem pengecasan bisa dilakukan dari 0-80 persen tenaga baterai hanya membutuhkan waktu 9-10 jam dengan metode normal charging pakai charging AC dengan output 6,6 kW. Namun jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit, pakai charging DC dengan output 150 kW.

Kemudian untuk motor listriknya menggunakan AC synchronous electric generator yang mampu menghasilkan tenaga 150 kW (201,1 dk) dan torsi puncak sebesar 266,3 Nm. Dengan tenaga sebesar itu, mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 8,3 detik.

Baca Juga: Sebaiknya Partai Socmed Minta Maaf ke Sekda Riau SF Hariyanto dan Open Donasi Istri, Setuju Nggak Nih

Fitur canggih lainnya yang dimiliki yakni advanced park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur yang bekerja secara otonom.

Selain itu terdapat pula fitur keselamatan aktif Safe Exit Assist, Parking Suport Brake, Integration A-Pillar (enhance safety), Rear Cross Traffic Alert, Rear Camera Detection.

Toyota bZ4X dibekali dengan fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru yang disebut TSS (Toyota Safety Sense) 3.0.

Baca Juga: Sebaiknya Partai Socmed Minta Maaf ke Sekda Riau SF Hariyanto dan Open Donasi Istri, Setuju Nggak Nih

Fiturnya meliputi Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist.

Toyota bZ4X dijual dengan harga Rp 1.190.000.000 on the road DKI Jakarta. Wilayah lain kemungkinan harganya menyesuaikan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat