bdadinfo.com

Detik-detik Kronologi Kecelakaan Demo Terjun Prajurit Kopasgat TNI, Sertu Agung Meninggal Dunia - News

Ilustrasi foto demo terjun yang dilakukan prajurit TNI untuk persiapa HUT TNI AU (pixabay.com/12019)

- Prajurit TNI beberapa hari belakangan sedang melakukan persiapan untuk menyambut HUT ke-77 TNI AU pada 5 April 2023 yang salah satu kegiatannya adalah terjun payung (demo terjun) yang diadakan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Namun naas, ada insiden kecelakaan terjadi yang menewaskan prajurit Kopasgat TNI saat sedang melakukan demo terjun dalam rangka gladi kotor ke-2 pada hari Rabu 5 April 2023.

Kecelakaan tersebut menimpa dua orang prajurit TNI yaitu Sertu Agung Dwano Karisma dan Serka Ihsan Fajri.

Baca Juga: Dinilai Tak Mampu Bersaing, Sultan B Najamudin Minta Bulog Berbagi Peran dengan Swasta

Berdasarkan kronologi yang dikutip Harianhaluan dari penjelasan Dankopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat, kejadian kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 pagi hari WIB.

Seru Agung Dwano Karisma dan Serka Ihsan  melaksanakan kegiatan terjun free fall pada sorti 1 yang kemudian mengalami kecelakaan saat pelayangan.

Serka Ihsan Fajri ada dalam urutan orang ke-20 dari total 80 orang yang menjalani kegiatan terjun free fall sedangkan Sertu Agung berada di urutan ke-22.

Baca Juga: Lupa Diedit, Adegan Sinetron Magic 5 yang Perlihatkan Aktor Berdiri di Greenscreen Jadi Tertawaan Warganet

Terdapat kemungkinan Sertu Agung menabrak Serka Ihsan saat pelayangan yang menyebabkan Sertu Agung tidak sadarkan diri saat mendarat sedangkan Serka Ihsan masih sadar hingga melakukan pendaratan.

Dua orang prajurit TNI tersebut di evakuasi ke RSAU dr Esnawan Atariksa Lanud Halim Perdana Kusuma yang dilakukan oleh tim kesehatan.

Dankopasgat juga menjelaskan bagaimana kondisi keduanya saat setelah kejadian insiden itu.

Baca Juga: Hati Hati Dampak Israel, Ganjar Tak Salah Mutlak, Rakyat Rugi Banget: Suara Lari ke Kubu Tidak Pro NKRI

"Serka Ihsan Fajri kaki kiri bagian bawah putus. Saat ini sedang dilaksanakan operasi pembersihan luka di RSAU dr Esnawan Antariksa," ujar Marsda TNI Wahyu Hidayat.

"Sertu Agung tangan kanan putus, sudah tidak sadar dan mengalami syok. Sudah diupayakan RJP (resusitasi jantung paru) untuk membuat jantung berdenyut kembali," ucap Dankopasgat melanjutkan.

Pada pukul 11.03 WIB kemarin hari Rabu 5 April 2023, Sertu Agung tidak berhasil selamat dan dinyatakan meninggal dunia. Jenazah Sertu Agung kemudian dilepas dengan upacara militer yang dipimpin Dankopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat.

Baca Juga: AG Dituntut 4 Tahun Penjara oleh JPU, Keluarga David: Sesuai Harapan

Jenazah almarhum Sertu Agung akan dimakamkan di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat