bdadinfo.com

Tol Cikampek Alami Kenaikan Arus Mudik Lebaran 2023, Menhub: Rata-rata Kecepatan Kendaraan Naik - News

Tol Cikampek Alami Kenaikan Arus Mudik Lebaran 2023, Menhub: Rata-rata Kecepatan Kendaraan Naik. (Kementerian Perhubungan )

- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan dalam pelaksanaan pengawasan arus mudik Lebaran 2023 di jalan Tol Jakarta ke arah timur yaitu ke Cikampek, Cipali hingga Kalikangkung, Semarang. 

Menhub Budi Karya Sumadi dalam peninjauannya menyampaikan, bahwa dirinya membenarkan terkait adanya kenaikan jumlah kendaraan di Tol Cikampek akibat arus mudik Lebaran 2023.

Menhub Budi menyebutkan, bahwa jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cikampek naik 20 persen dari arus mudik Lebaran Tahun 2022 lalu. Meski demikian, ia mengatakan, bahwa rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol mengalami kenaikan.  

Baca Juga: Imbas One Way Kalikangkung Terjadi Penumpukan Jalur Tol Semarang Padat Merayap Hingga 10 Kilometer

“Alhamdulillah sekalipun ada lonjakan kendaraan, namun rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun 2022 lalu yaitu dari 69 Km/jam menjadi 71 Km/jam,” kata Menhub keterangan tertulis dikutip , Kamis, 20 April 2023.

“Ini membuktikan kita improve dibanding tahun lalu. Besok dan besok lusa (20 dan 21 April 2023) masih menantang, kita harus lebih kompak untuk menghadapinya,” sambungnya.

Namun, Budi menegaskan jika pemerintah juga berkoordinasi dengan para stakeholder dan menyiapkan upaya antisipasi antara lain: menambah lajur pada jalan tol yang semula hanya enam lajur menjadi delapan lajur sampai dengan Km 70.

Baca Juga: Pemudik Mobil Listrik Wajib Tahu, Berikut Daftar SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa

Selain itu, telah ditingkatkan kualitas terkait sistem counting (penghitungan) baik dari SDM maupun fasilitas pendukungnya, sehingga penghitungan menjadi lebih cepat. Fasilitas dan kapasitas di rest area juga ditambahkan dan diperbaiki kualitasnya untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2023 ini.

“Ini menjadi pelajaran yang baik bahwa kita harus terus meningkatkan prasarana jalan dan meningkatkan kecanggihan sistem penghitungan. Insha Allah pelaksanaan arus mudik dan balik tahun depan akan lebih baik lagi,” ucap Menhub.

Menhub memungkasi dengan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak pulang di hari Senin dan Selasa depan pada tanggal 24 dan 25 April 2023, dikarenakan menjadi puncak pergerakan arus balik. 

Menhub memberi saran kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan balik pada hari Rabu, Kamis dan Jumat (26,27 dan 28 April 2023).

“Di hari Kamis dan Jumat (27 dan 28 April 2023), Jasa Marga berbaik hati akan memberikan diskon tarif tol 20 persen. Karena terbukti pada arus mudik kemarin, dengan adanya diskon, pergerakan kendaraan tumbuh sekitar 12 persen, sehingga banyak masyarakat yang mudik lebih awal,” pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat