bdadinfo.com

Pajero Sport Disulap Jadi Ambulans, Beneran Butuh atau Sekedar Gengsi? - News

Mobil Pajero Sport Disulap Menjadi Ambulance oleh DPRD Banten (Okezone)

- DPRD Banten menjadi pusat perhatian setelah mengubah Mitsubishi Pajero Sport menjadi kendaraan ambulans.

Mobil ini biasanya dijual dengan harga antara Rp577,6 juta hingga Rp735,6 juta di pasaran, namun DPRD Banten membelinya menggunakan dana sekitar Rp900 juta dari APBD 2023.

Hal ini menjadi viral di media sosial setelah akun instagram @info.banten membagikan video tentang hal ini pada hari rabu, 10 mei 2023 yang masih perbincangan hingga sekarang.

Baca Juga: Jangan Sampai Ketinggalan Pesawat Lagi, Lakukan Trik Berikut Sebelum Hari Keberangkatan

Sekretariat Dewan Provinsi Banten Deden Apriandhi mengatakan mobil Pajero Sport ini merupakan hasil katalog dari LKPP dan memiliki alat-alat medis terlengkap dari mobil ambulans lain.

"Sebetulnya ambulans ini sejak pertama sudah ada di sekretariat DPRD namun terakhir saya cek sudah tidak layak di gunakan bahkan sudah tidak bisa dioperasikan, karena usianya sudah puluhan tahun makanya kita membeli ambulans," kata Deden kepada wartawan.

Deden menyatakan bahwa salah satu keunggulan ambulans yang menggunakan basis SUV, yang katanya sering menjadi pilihan bagi masyarakat menengah.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Ridwan Kamil Jauh Lebih Menjanjikan ketimbang Airlangga Dipilih jadi Cawapres

Mobil ambulance ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis, seperti elektrokardiogram (EKG) untuk merekam aktivitas jantung, alat sirkulasi oksigen dan darah, selang oksigen, serta lampu operasi.

Selain itu, mobil ambulance ini juga dianggap sebagai salah satu bentuk pelayanan dari sekretariat DPRD kepada anggota dan pegawai yang ada di DPRD Banten.

Dilihat dari bentuk bodi, Pajero Sport untuk ambulans DPRD Banten merupakan generasi ketiga yang dirilis di Indonesia pada 2016.

Generasi ketiga tidak lagi memakai mesin 2.500 cc DOHC empat silinder Commonrail Turbocharged, bertenaga maksimum 134 hp dan torsi maksimum 324 nm.

Versi ini sudah ditenagai oleh mesin berkode 4N15 2.500 cc MIVEC dengan tenaga maksimal 178,5 hp dan torsi maksimal 430 nm.

Dari segi eksterior, Mitsubishi Pajero Sport tersebut dicat dengan warna putih. Kemudian ada corak warna merah, menggunakan lampu strobo merah. Dan terakhir ada penambahan tulisan 'Ambulance' dan logo pemerintah Banten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat