bdadinfo.com

Kantor Kemensos Digeledah KPK, Sejumlah Barang Bukti Kasus Dugaan Korupsi Bansos Beras Diamankan - News

Gedung KPK (Ist)

- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di Kantor kantor Kementerian Sosial (Kemensos) pada Selasa, 25 Mei 2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, sejumlah barang bukti seperti dokumen dan bukti elektronik ditemukan saat proses penggeledahan.

"Selama proses penggeledahan, ditemukan dan diamankan bukti-bukti antara lain berupa berbagai dokumen dan bukti elektronik yang tentunya memiliki keterkaitan dengan perkara," kata Ali, Rabu, 24 Mei 2023.

Baca Juga: Terungkap Fakta Baru Tewasnya Putri Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, Begini Kronologi Lengkapnya

Menurut Ali, penggeledahan dilakukan KPK merupakan bagian dari penyidikan kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020 sampai dengan 2021.

Barang bukti yang ditemukan, demikian Ali, akan dianalisis kemudian dilakukan penyitaan.

"Segera dilakukan analisis sekaligus penyitaan untuk melengkapi pemberkasan perkara," kata Ali.

Sebelumnya, KPK membuka penyidikan baru dugaan korupsi pekerjaan penyaluran bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020-2021 di Kementerian Sosial.

Baca Juga: Bos Maspion Alim Markus Bungkam usai Diperiksa KPK, Kenapa?

Salah satu yang diduga terseret kasus tersebut adalah mantan Direktur Utama Transjakarta M Kuncoro Wibowo. Kendatipun demikian, KPK belum membeberkan sejumlah nama lainnya yang turut terlibat.

Menurut Ali, identitas para pihak yang terlibat akan dibuka ke publik setelah KPK merampungkan penyelidikan.

"Ketika penyidikan ini kami anggap telah tercukupi untuk pengumpulan alat buktinya maka identitas dari para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, kronologi dugaan perbuatan pidana sekaligus pasal yang disangkakan akan kami sampaikan pada publik," kata Ali beberapa waktu lalu.*

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat