bdadinfo.com

Suhu di Mekkah Capai 41 Derajat, Jemaah Haji Indonesia Diimbau Sedia Air Mineral dan Oralit - News

Cuaca di Mekkah capat 41 derajat

- Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau para jemaah haji asal Indonesia yang saat ini tengah menjalankan ibadah agar selalu membawa air mineral dan oralit untuk menghindari dehidrasi akibat cuaca panas di Mekkah, Arab Saudi.

Kemenag menyarankan, agar para jemaah ibadah haji tahun 1444 H/2023 M didominasi oleh para lansia ini tidak terlalu memaksakan diri untuk menjalankan ibadah tambahan dan mempertimbangakn kondisi kesehatan akibat cuaca panas Mekkah.

Kemenag juga mendorong agar para jemaah selalu berkoordinasi dengan petugas terkait proses ibadah dan juga tidak sungkan untuk meminta bantuan apapun termasuk dalam hal kenyamanan diri  dalam menghadapi cuaca panas Mekkah.

Baca Juga: Rafathar Pamer Foto Bareng Kaka, Netizen: Sebentar Lagi Putin Main ke Andara

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Akhmad Fauzin. Ia menyebutkan, bahwa saat ini Kota Madinah dan Kota Mekkah sedang mengalami cuaca yang cukup ekstrim dimana suhu dapat mencapai 41 derajat celcius. 

Fauzin menginstruksikan, agar para jamaah menjaga kondisi kesehatannya dan mengurangi kegiatan diluar hotel agar bisa melaksanakan ibadah sampai pada tahap terakhir tanpa mengalami kendala.

Cuaca di Madinah saat ini berkisar 26-40 derajat celcius dan di Makkah 31-41 derajat celcius, bila akan keluar hotel, selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki untuk menghindari kaki melepuh,” kata Akhmad Fauzzin, keterangan tertulis dikutip Sabtu, 3 Juni 2023.

Baca Juga: Cara Pakai Flex Menstrual Disc, Benarkah Aman Digunakan Berhubungan Seksual Saat Menstruasi?

Juru bicara PPIH tersebut juga menekankan agar para jemaah selalu mengenakan kaus kaki dan menggunakan sandal saat bepergian untuk menghindari kaki yang melepuh akibat cuaca panas di Arab saudi.

Ia menambahkan, apabila para jemaah kehilangan sandal saat beribadah, diharapkan untuk memberitahu petugas agar dapat dibantu hingga dapat kembali ke hotel dengan nyaman.

Fauzin juga berharap para jemaah selalu berkelompok dan tidak memisahkan diri agar  tidak terjadi hal yang diinginkan. Selain itu, ia juga meminta agar para jemaah mau untuk membantu dan menolong sesama jemaah yang sedang kesulitan.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat