bdadinfo.com

General Manager PLN UID Sumbar Bongkar Rahasia Sukses Listrik Andal Penas KTNA ke XVI - News

General Manager PLN UID Sumbar Bongkar Rahasia Sukses Listrik Andal Penas KTNA ke XVI (Humas PLN)

- General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, PLN rahasia sukses listrik andal Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI Tahun 2023.

Eric menyebutkan, bahwa PLN terus mengupayakan pasokan listrik andal dengan standar tertinggi untuk melayani perhelatan nasional Penas XVI.

Untuk menjamin listrik tanpa kedip, kata Eric, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang satu kilometer sirkuit (kms) dan jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 12,5 kms yang dioperasikan khusus di Lapangan Udara Sutan Sjahrir Kota Padang.

Baca Juga: PLN Sulap FABA Jadi Bahan Baku Pembangunan Bernilai Ekonomis

Eric menyebutkan, strategi keandalan berlapis pun telah disiapkan beberapa hari sebelum perhelatan berlangsung. Back up 14 Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan total kapasitas 5,4 MW pun diposisikan dalam keadaan stand by di sejumlah titik sekitar Lanud sebagai back up keandalan listrik.

Kemudian, 11 unit genset mobile dari vendor acara berkapasitas 1,8 MW yang diperuntukkan untuk panggung utama.

"PLN juga mengoperasikan UPS Mobile kapasitas 30 kVA hingga 500 kVA. Lokasi utama di Lanud butuh daya listrik maksimal 3,17 MW. PLN juga menyiapkan pasokan hingga 5,4 MW untuk jaminan keandalan terbaik," katanya.

Baca Juga: Kendaraan Listrik Hemat Biaya Hingga 60 Persen, Kini SPKLU PLN di Payakumbuh Ramai Peminat

PLN juga suplai listrik andal ke 15 lokasi prioritas, seperti kawasan Gubernur dan sekitarnya, Kantor Walikota, Dinas Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Poltekkes Siteba, kawasan Universitas Negeri Padang (UNP), Dinas Kominfo hingga Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Selama lima hari, kata Eric, PLN juga menyuplai listrik andal tanpa kedip ke 1.480 rumah warga tempat pemondokan para kontingen Penas XVI dan ke seluruh hotel bintang 3 keatas yang menjadi lokasi penginapan para tamu.

"Pasokan listrik selama Penas Tani termasuk mensuplai kebutuhan di Sumbar maksimal 576 MW. Sedangkan total pasokan PLN Sumbar mencapai 1.356 MW," ujarnya.

Eric pun menegaskan, pihaknya berhasil mewujudkan langit Sumatera Barat biru selama Penas Tani karena tidak ada genset yang menyala selama Penas.

"Alhamdulillah listrik PLN andal tanpa ada gangguan," ucapnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat