bdadinfo.com

Mata-mata KKB Egianus Kogoya Ditangkap, Sempat Diwarnai Penembakan kepada Petugas - News

Pilot Susi Air, Kapten Philips disandera KKB Papua  (Ist)

- Pihak kepolisian berhasil menangkap salah satu anggota dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Pihak kepolisian mengungkapkan, bahwa anggota KKB yang berhasil diamankan tersebut berinisial YL. Pihak yang berwajib menangkap YL di bandara saat akan kembali ke kelompok KKB Egianus Kogoya.

Adapun peran YL dalam kelompok Egianus Kogoya adalah sebagai mata-mata yang mencari informasi terkait aparat keamanan termasuk keberadaan dan pergerakan yang kemudian akan dilaporkan kepada pimpinan YL di persembunyiannya. 

Baca Juga: Jelang Eksekusi Besok, Polisi Tawarkan Uang Demi Bebaskan Pilot Susi Air dari KKB Papua

Saat ditangkap pihak keamanan, YL tidak memberikan perlawanan sehingga pengamanan terhadap mata-mata KKB Egianus Kogoya tersebut dapat dilakukan dengan cepat.

Informasi penangkapan mata-mata KKB pimpinan Egianus Kogoya sendiri disampaikan oleh Kapolres Nduga, AKBP Rio Alex Penelewan yang mengatakan bahwa anggota KKB yang ditangkap tersebut berperan sebagai mata-mata bagi kelompoknya.

“Adapun tugas ‘YL’ adalah sebagai mata-mata untuk mematai setiap pergerakan aparat keamanan dan melaporkan kepada KKB,” kata AKBP Rio Alex, keterangan tertulis dikutip , Senin, 3 Juli 2023.

Baca Juga: Pantas Susi Ngamuk Kebijakan Jokowi Ekspor Pasir Laut, 198 Pulau di Indonesia Akan Tenggelam

Lebih lanjut, Rio Alex memaparkan, bahwa mata-mata YL sempat melaporkan kegiatan dari pihak aparat keamanan kepada anggota KKB lainnya.

Usai mendapat laporan dari YL, KKB pimpinan Egianus Kogoya tersebut kemudian melakukan penembakan kepada petugas.

Tetapi, penembakan yang dilakukan oleh KKB Egianus Kogoya tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa pada pihak aparat keamanan.

Sebagai informasi, mata-mata YL diketahui bergabung dengan KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tahun 2018 silam.

***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat