bdadinfo.com

Satu-satunya di Sumbar, Agam Kembali Pakai E-voting dalam Pemilihan Wali Nagari - News

Kabupaten Agam kembali menjadi sorotan dengan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari secara elektronik atau e-voting untuk keempat kalinya. (Ist )

- Kabupaten Agam kembali menjadi sorotan dengan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari secara elektronik atau e-voting untuk keempat kalinya.

Pemilihan ini dilakukan di 38 Nagari yang tersebar di 15 Kecamatan, menjadikan Agam satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat yang menerapkan sistem e-voting.

Hari pertama e-voting dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2023 di beberapa Kecamatan seperti IV Nagari, Tanjung Mutiara, dan Tanjung Raya.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Nasabah Bank Nagari, Promo Tahun Ajaran Baru Berlanjut

Hari kedua pemilihan, yaitu tanggal 6 Juli 2023, dilakukan di Kecamatan Tanjung Raya dan Malalak.

Sedangkan hari ketiga, 10 Juli 2023, rencananya akan diselenggarakan di Kecamatan IV Koto dan Banuhampu.

Hari keempat, 13 Juli 2023, dijadwalkan untuk Kecamatan Banuhampu dan Sungai Pua. Tanggal 17 Juli 2023 menjadi hari kelima e-voting di Kecamatan Ampek Angkek dan Tilatang Kamang.

Baca Juga: Peringati HUT Kota Pariaman ke-21, DPRD Kota Pariaman Gelar Rapat Paripurna

Pada hari terakhir pemilihan, pada tanggal 20 Juli 2023, e-voting dilaksanakan di 4 kecamatan, yaitu Tilatang Kamang, Kamang Magek, Baso, dan Palupuah.

E-voting diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dalam perhitungan suara dan menghindari potensi gugatan dari kandidat Walinagari.

Kepala Dinas DPMN Kabupaten Agam membenarkan bahwa pemilihan tersebut melibatkan nagari defenitif dan pemekaran yang dijabat oleh Pj Wali Nagari.

Baca Juga: IPDN Sumatera Barat, Sekolah Kedinasan Auto Jadi PNS

Pemilihan ini akan berlangsung selama 6 hari dan akan ditinjau langsung oleh Bupati Dr. Andri Warman MM. Harapannya, pemilihan ini akan berjalan lancar dan sukses.

"Memang benar Hari ini kita melaksanakan pemilihan wali nagari yang telah habis masa jabatannya bagi nagari yang defenitif serta memilih Wali Nagari pemekaran yang selama ini dijabat oleh Pj wali nagari dan hari ini merupakan hari pertama pemilihan wali nagari secara evoting dan akan dilangsungkan selama 6 hari yaitu hari Senin dan Kamis minggu pertama sampai ketiga bulan Juli 2023 serta akan ditinjau langsung oleh Bupati Dr Andri Warman MM dan diharapkan berjalan dengan lancar," harapnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat