bdadinfo.com

Jangan Lewatkan! Inilah 5 Menu Unik yang Wajib Dicoba di Pasar Tradisional Kambang, Sumbar - News

Jangan Lewatkan! Inilah 5 Menu Unik yang Wajib Dicoba di Pasar Tradisional Kambang, Sumbar/ Unsplash



- Beberapa makanan unik pasti ada di setiap pasar tradisional di beberapa daerah di Indonesia salah satunya di Pasar Tradisional Kambang, Sumatera Barat.

Pasar ini terletak di daerah Kambang yang letaknya di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Uniknya Pasar Kambang ini hanya buka 1 kali dalam seminggu, pada hari sabtu. Tak heran masyarakat setempat hingga wisatawan memburu beberapa menu unik di pasar ini.

Berikut 5 menu unik yang wajib dicoba di Pasar Tradisional Kambang, Sumbar dilansir dari YouTube Herlina Bahri yang tayang pada 9 Oktober 2022.

Baca Juga: Orang Sumatera Barat Dikenal Pelit, Kasar, dan Suka Meninggalkan Daerahnya Sendiri, Ternyata Ada Penjelasannya

1. Barangan
Makanan tradisional satu ini adalah jenis kacang khas pada zaman dahulu yang sebelum dikonsumsi melalui proses sangrai.

Barangan disantap seperti kacang biasa yaitu dikupas kulitnya terlebih dahulu. Berasal dari pohon kacang barangan yang memiliki batang yang tinggi dan banyak buahnya.

Ketika sudah matang buahnya akan pecah dan biji kacangnya akan jatuh. Harga jualnya pun cukup murah yaitu Rp 5000 rupiah per 1 porsi kaleng.

2. Putu Kambang
Makanan tradisional ini terbuat dari tepung ketan hitam dengan campuran daun pandan yang diberi gula merah, dan proses masaknya menggunakan bambu khusus.

Dimasak dengan menggunakan uap air mendidih lalu setelah matang putu dikeluarkan dari bambu, lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan siap untuk dijual.

Harga 1 bungkusnya pun terbilang masih sangat terjangkau yaitu Rp 4000, bahkan pedagang pasar pun ada yang menjual Rp10.000 dapat 3 putu. Rasanya Manis, legit, dan wangi membuat makanan ini menjadi incaran para pengunjung pasar.

Baca Juga: Deretan Putra Minang Sumatera Barat di Mata Uang 3 Negara Asing Bestie Inggris, Nomor 3 Mantan Presiden

3. Kalamai
Menu unik lainnya adalah Kalamai yaitu makanan sejenis dodol yang dibuat dari tepung pulut atau tepung ketan. Harga sebiji kalamai sebesar Rp 5000 dan bisa tahan selama 1 minggu.

4. Durian dengan ketan hitam
Buah durian dihidangkan dengan ketan hitam menjadi menu unik yang wjib di coba saat berkunjung ke Pasar ini karena rasanya yang manis dan cara memakannya pun langsung dicampur dalam satu kali suap.

Rasa ketan yang manis, legit, dan gurih ditambah dengan parutan kelapa dan ras durian yang manis membuatnya menjadi menu favorit yang sering dibeli pengunjung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat