bdadinfo.com

Dahsyat Mana Mesin Bor Raksasa Jepang vs China, Untuk Terowongan Termegah Asia Tenggara di Sumatera Barat - News

Dipakai buat terowongan termegah di Sumatera Barat, Mesin bor raksasa China vs Jepang, dahsyat mana coba (kcic.co.id)

- Pembangunan terowongan termegah Asia Tenggara di jalan tol Pangkalan Payakumbuh di Sumatera Barat akan melibatkan mesin bor raksasa lho.

Nah informasinya nih, pembangunan terowongan di jalan tol Pangkalan Payakumbuh ini menggunakan mesin bor raksasa dari Jepang.

Hebat mana ya mesin bor raksasa terowongan buatan China dan Jepang. Jadi proyek di Indonesia sebelumnya, sudah ada yang buat terowongan dengan mesin bor raksasa China lho.

Keduanya sama sama menggunakan metode cacing bawah tanah saat bikin proyek terowongan bawah tanah. Penasaran kan super mana nih mesin bor raksasa China dan Jepang untuk buat terowongan. Yuk simak yuk selengkapnya ya.

Baca Juga: 3 Penyebab Rem Bus Blong dan Kecelakaan di Sitinjau Lauik

Pembanguan terowongan Jalan tol Pangkalan Payakumbuh merupakan desain salah satu seksi dari jalan tol Padang Pekanbaru itu.

Nah bakal ada 3 terowongan di seksi jalan tol Payakumbuh Pangkalan, dan tahu nggak terowongan ini dilabeli sebagai terowongan termegah di Asia Tenggara lho.

Sebabnya, total terowongan panjangnya nyaris 9 kilometer, dibangun dengan kontruksi menembus perut Bukit Barisan. Pembangunan kontruksi terowongan dan jalan tol ruas ini begitu kompleks.

Nah untuk buat terowongan ini kan pakai mesin bor raksasa yang dinamakan Tunning Boring Machine (TBM).

Baca Juga: Kontraktor JICA Nginap Dua Hari Cek Persiapan Pembangunan Tol Payakumbuh Pangkalan Termegah se-Asia Tenggara

Untuk terowongan termegah di Asia Tenggara di ruas tol Pangkalan Payakumbuh, konstruktor jalan tol itu, Hutama Karya, mendatangkan TBM asal Jepang.

Mesin bor raksasa ini akan menembus dari Payakumbuh dan dari Pangkalan. Nantinya akan bertemu di tengah-tengah perut Bukit Barisan.

Kalau proyek Sumatera Barat pakai mesin bor raksasa Jepang, nah mesin bor raksasa China sudah dipakai untuk buat terowongan kereta cepat Jakarta Bandung lho.

Pelaksanaan Konstruksi Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, PT Kereta Cepat Indonesia China mendatangkan mesin bor super untuk buat terowongan dua jalur kereta cepat di daerah Halim Jakarta Timur, melewati tol Cikampek dan jalan arteri Jatiwaringin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat