bdadinfo.com

Jauh dari Target, Jalan Tol Trans Sumatera Baru Tersambung 21,6% dari Total Sepanjang 2.749 Km per Juli 2023 - News

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) baru rampung 21,6% dari target. (Kementerian PUPR)

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan sejumlah wilayah mulai dari Aceh hingga Lampung baru rampung sepanjang 596 km per Juli 2023 atau 21,6% dari target total.

Dengan 24 ruas tol yang terdiri atas koridor utama (backbone) 1.889 km dan koridor pendukung 860 km, panjang total Jalan Tol Trans Sumatera adalah 2.749 km.

Total Jalan Tol Trans Sumatera adalah sepanjang 2.749 km dengan 24 ruas tol yang terdiri dari koridor utama (backbone) 1.889 km dan koridor pendukung 860 km.

Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 596 km tersebut terdiri dari enam ruas yang telah beroperasi secara penuh. Sedangkan, ada ruas tol lainnya yang sedang dalam tahap konstruksi, yakni sepanjang 361 km.

Baca Juga: Sosok Yogi Ahmad Erlangga: Habibie Muda Pemecah Persamaan Helmholtz, dipakai Perusahaan Minyak Bumi Dunia!

Jalan tol yang sedang dalam tahap pembangunan terdiri dari tujuh ruas, yaitu ruas tol Indrapura-Kisaran sepanjang 48 km. Progres pembangunannya kini telah mencapai 85,5% dan ditargetkan selesai pada 2023.

Kemudian, pembangunan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi sepanjang 143 km. Pembangunan ruas tol tersebut telah mencapai 84,25% dengan target rampung pada akhir 2023.

Keberadaan Jalan Tol Lintas Sumatera yang dibangun secara bertahap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memangkas biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk Indonesia.

Baca Juga: Melangkah di Ujung Kepunahan: Inilah Fakta Menarik tentang Gajah Sumatera yang Hampir Punah

“Disamping itu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan salah satu ruas to JTTS, yaitu Jalan Tol  Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km.

Anggaran yang dikeluarkan dari pembangunan Jalan Tol  Bengkulu-Taba Penanjung yang diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis, 20 Juli 2023 adalah sebesar Rp4,8 triliun.

Ruas jalan tol sepanjang 95,8 km tersebut adalah bagian dari koridor pendukung atau sirip utama pada ruas Bengkulu ke Lubuk Linggau.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Nama-nama Suku yang Tersemat di Tanah Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat