bdadinfo.com

5 Proyek Pembangunan Jalan tol Trans Sumatera yang Sampai Saat ini Masih Belum Selesai Dikerjakan - News

Proses Jalan Tol Pekanbaru - Padang Sudah Mencapai 74 persen (Instagram)

Meskipun pembangunan proyek Tol Trans - Sumatera masih dalam tahap proses pengerjaan hingga saat ini, namun masih ada beberapa ruas jalan tol yang baru dibangun maupun sudah hampir jadi untuk diresmikan.

Presiden Jokowi bersama dengan Menteri BUMN, Erick Thohir mulai meresmikan jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung pada hari Kamis, 20 Juli 2023 lalu.

Tetapi selain itu ada beberapa ruas tol di beberapa daerah yang sudah dipakai atau masih baru sebagian yang dikerjakan, tetapi itu tidak mengganggu proses konstruksi dalam pembangunan yang memakan biaya sebesar Rp475.96 triliun.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu Penyair Asal Sumbar Ini, Ternyata Seangkatan dengan Chairil Anwar

Inilah 5 jalan tol Trans Sumatera yang saat ini masih dalam proses pembangunan maupun yang sudah hampir jadi sehingga bisa digunakan oleh para pengendara dalam beberapa waktu dekat.

1. Tol Palembang – Tanjung Api – Api

Jalan Tol ini memiliki panjang sekitar 70 km, menjadi salah satu jalan tol yang akan segera dipakai di Wilayah Sumatera Selatan, tentu hal tersebut belum terwujud hingga saat ini.

Masalah pembebasan lahan yang menjadi alasan mengapa pembangunan jalan tol tersebut belum bisa direalisasikan, bahkan jalan tol akan melewati sejumlah daerah seperti Banyuasin dan Betung.

Sehingga meskipun sudah direncanakan dalam tahap pengerjaan tetapi proyek tersebut sampai saat ini belum diselesaikan, itupun belum membangun jalan tol penghubung antara ke Jambi dan Lampung.

Baca Juga: Dugaan Kasus Korupsi Tol Layang MBZ Senilai Rp 13,5 Triliun, Komisi III DPR RI: Sistem yang Salah!

2. Tol Bakauheni – Bengkulu

Jalan tol yang berada di Wilayah Bengkulu hingga Lampung juga masih dalam tahap proses perencanaan, meskipun Bengkulu sudah meresmikan beberapa jalur tol tetapi yang mengarah ke Pelabuhan Bakauheni belum selesai dibangun.

Pembangunan Jalan yang berjarak sekitar 693 km ini memang awalnya Tidak ditetapkan sebagai rute prioritas, tetapi juga masih dalam konstruksi untuk area pembebasan lahan.

Tentu saja kita berharap pembangunan Tol Bengkulu bisa mulai dikerjakan sehingga bisa menjadi penghubung dari Pelabuhan Bakauheni yang ingin pergi ke Kota Bengkulu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat