bdadinfo.com

Akan Ada Ribuan Pendaki Gunung Kerinci pada Puncak 17 Agustus 2023, Apa yang Didapat Solok Selatan? - News

Akan Ada Ribuan Pendaki Gunung Kerinci pada Puncak 17 Agustus 2023, Apa yang Didapat Solok Selatan? (Istimewa)

- Gunung Kerinci merupakan salah satu tujuan favorit para pendaki dan pecinta alam, terutama ketika puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang rayakan setiap tanggal 17 Agustus.

Gunung Kerinci sebagai atapnya Sumatera dan merupakan gunung berapi aktif membentang di dua provinsi, Kerinci, Jambi dan Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, kunjungan pendaki ke Gunung Kerinci bisa mencapai seribuan lebih, ketika puncak peringatan HUT RI pada tanggal 17 Agustus.

Baca Juga: Asyik Camping di Kerinci, 2 Anak Gadis Jadi Korban Pencabulan, 2 Pelaku Dibekuk Polres Solok Selatan

Jalur pendakian Gunung Kerinci selain dari Kresik Tuo di Kabupaten Kerinci, Jambi juga ada jalur pendakian di Bangun Rejo, Kabupaten Solok Selatan, Sumbar.

Jalur pendakian dari Kresik Tuo merupakan jalur favorit bagi pendaki dengan jalur lebih landai dan juga hanya butuh 2 hari untuk sampai puncak Gunung Kerinci.

Sementara, jalur pendakian dari Bangun Rejo Kabupaten Solok Selatan bisa memakan waktu hingga 4 hari dengan jalur yang lebih menantang dengan suasana pemandangan lebih eksotis.

Baca Juga: Keindahan Alam Lindung Jaya Kayu Aro dari Ketinggian dengan View Panorama Gunung Kerinci 

Dari jalur Solok Selatan ini juga ditemukan banyak air terjunnya, ada lembah kura-kura serta kondis alamnya lebih natural.

Umumnya para pendaki akan melewati Solok Selatan terlebih dahulu untuk menuju Kresik Tuo, terutama yang berasal dari berbagai daerah di Sumbar, seperti kota Padang.

Memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari pintu pendakian rimba Bangun Rejo, Solok Selatan jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor ke Kresik Tuo.

Baca Juga: Waspada! Gunung Kerinci Jambi Kembali Erupsi Level 2, Alami Gempa Tremor

Untuk diketahui, Gunung Kerinci adalah bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) atau wilayah hutan konservasi.

Nah, berkaca dari pengalaman peringatan puncak HUT RI di Gunung Kerinci. Sebagai jalur alternatif pendakian Gunung Kerinci di Solok Selatan, bagaimana kesiapannya, apakah pendaki hanya lewat saja di Solok Selatan menuju Kresik Tuo?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat