bdadinfo.com

4 Tahun Berturut-Turut Riau Jadi Provinsi dengan Ketimpangan Tertinggi i Sumatera, Ternyata Ini Alasannya! - News

 Contoh Pembangunan di Kepulauan Riau, Bisa Jadi Upaya Agar Riau Tidak Jadi Provinsi Ketimpangan Pembangunan di Pulau Sumatera

- Kepulauan Riau menjadi Provinsi dengan ketimpangan tertinggi di Pulau Sumatera berdasarkan perhitungan menggunakan indeks Williamson.

Setelah Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Selatan menyusul menjadi provinsi dengan ketimpangan tertinggi di pulau Sumatera.

Ketimpangan yang dimaksudkan diatas berarti pembangunan antar kabupaten/kota di Provinsi-provinsi tersebut belum merata.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Kabupaten Pasaman Barat Demo di Depan Kantor Gubernur Sumatera Barat, Ada 4 Tuntutan Diminta

Kepulauan Riau menjadi Provinsi dengan ketimpangan tertinggi selama 4 tahun berturut-turut selama 2016-2019.

Ketimpangan yang terjadi di Kepulauan Riau dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

Seperti pengaruh pengeluaran pemerintah, jumlah pengangguran yang ada di Kepulauan Riau, investasi, tenaga kerja, dan lain-lain.

Baca Juga: Turnamen Golf Mandiri Indonesia Open 2023 Segera Digelar, Para Pemain Siap Berebut Jadi Juara

Pengeluaran pemerintah berpengaruh terhadap adanya ketimpangan pembangunan wilayah di Pulau Sumatera.

Pengeluaran pemerintah daerah yang proporsional dapat meningkatkan investasi yang nantinya berdampak pada peningkatan pembangunan di Kepulauan Riau dan provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

Selain itu, pengeluaran pemerintah yang digunakan untuk merealisasikan program produktif pemerintah juga dapat memantik tumbuhnya perekonomian di Kepulauan Riau dan provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Bank Mandiri Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Sukses Salurkan Kredit Capai Rp 1.272,07 Triliun

Selanjutnya, angka pengangguran juga berpengaruh terhadap ketimpangan pembangunan di Provinsi-provinsi di pulau Sumatera.

Hal tersebut berkaitan dengan semakin tingginya angka pengangguran bisa menurunkan daya beli masyarakat yang menyebabkan berkurangnya penghasilan pajak yang akan diterima oleh pemerintah di Kepulauan Riau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat