bdadinfo.com

Pemprov Babel Kerjasama dengan Jerman, Jalan Mahasiswa Buat Kuliah atau Kerja di Eropa Terbuka - News

Iustrasi kerja di Eropa.  (dok. Goethe Institute)

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) gandeng lembaga Jerman Global Katalyst e.V untuk kerjasama dalam bidang pendidikan.

Kerjasama bidang pendidikan Pemprov Babel dengan pihak asal Jerman tersebut dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu.

Lewat kerjasama dengan lembaga Eropa asal Jerman ini, Pemprov Babel berharap mahasiswa di wilayah tersebut bisa kuliah atau bekerja di sana.

Baca Juga: Pimpin Kabupaten Miskin di Sumbar: Intip Isi 'Dompet' Bupati Pasbar dan Pasaman, Mana Paling Kere?

Selain itu, Pemprov Babel tak menutup kemungkinan melakukan kerjasama dengan negara-negara Eropa lain untuk mendukung program pendidikan yang menyasar mahasiswa tersebut.

Sugandi mengatakan, Jerman merupakan salah satu role model pendidikan di dunia. Kerjasama ini jelas akan meningkatkan mutu pendidikan di Babel.

"Kami dari sisi pemerintah sangat mendukung adanya program beasiswa tersebut, dengan harapan anak-anak kita nantinya semakin berdaya saing," kata Sugandi di Rumah Dinas Gubernur, Pangkalpinang, Rabu, 2 Agustus 2023, seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Babel.

Baca Juga: Hari Ketiga Unjuk Rasa, Ratusan Masyarakat Air Bangis Tak Kunjung Ditemui Gubernur Sumbar!

Suganda juga menyebut akan segera menindaklanjuti program kerjasama ini dengan melakukan komunikasi ke DPRD Babel dan Kemendagri.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Strategis Internasional Global Katalyst e.V, Doddy Primanda Kadarisman, mengatakan mereka menyediakan berbagai beasiswa pendidikan di Jerman.

Para mahasiswa Indonesia dapat berkuliah dengan program vokasi sambil bekerja.

Baca Juga: Sibanceh, Jalan Tol Pertama di Aceh yang Mendapat Dana Investasi Rp12,944 Triliun

Doddy mengatakan, saat ini Jerman memang tengah membutuhkan ribuan tenaga kerja untuk mendukung berbagai sektor ekonomi.

Melalui kerjasama ini, kata Doddy, diharapkan anak-anak muda di Babel bisa mendapat pengalaman berharga bekerja dan kuliah di negara Eropa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat