bdadinfo.com

10 Etnis dengan Populasi Terbanyak di Indonesia, Suku Minangkabau ada di Urutan Berapa Ya? - News

10 Etnis dengan Populasi Terbanyak di Indonesia

- Indonesia tersusun atas beragam kebudayaan dan suku yang tidak terhitung jumlahnya. Terhitung setidaknya ada 1.340 suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Bersatu lewat semboyan "Bhineka Tunggal Ika", membuat Indonesia begitu kaya dengan beragam jenis adat istiadat dari masing-masing suku yang ada.

Baca Juga: Paling Terpuruk saat Pandemi, Perekonomian Padang Pariaman Kini Paling Melesat di Sumbar

Jika dilihat dari jumlahnya, sukus Jawa menjadi suku dengan populasi terbanyak di Indonesia yang bahkan tidak hanya tersebar di pulau Jawa, tapi juga merantau ke luar pulau.

Lalu bagaimana ya dengan etnis Minangkabau? Yuk simak informasi mengenai 10 suku dengan populasi terbanyak di Indonesia dilansir dari beragam sumber. Suku Minangkabau ada di peringkat berapa ya?

1. Suku Jawa

Baca Juga: 5 Event di Kota Padang yang Wajib Dikunjungi pada Agustus 2023, Ada Festival Siti Nurbaya

Berada diurutan pertama, Suku Jawa memiliki populasi terbanyak di Indonesia. Jumlahnya terhitung mencapai 40,2% dari penduduk di Indonesia.

2. Suku Sunda

Suku Sunda merupakan suku bangsa kedua terbanyak di Indonesia setelah suku Jawa. Suku Sunda banyak mendiami wilayah Jawa Barat dengan populasinya mencapai 15,5% dari penduduk di Indonesia.

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2020, jumlah populasi masyarakat Jawa Barat adalah 48,274 juta jiwa.

Baca Juga: Berpacaran dengan Jisoo Blackpink, Berikut 5 Drama Korea yang Dibintangi Ahn Bo Hyun, Pernah Jadi Antagonis

3. Suku Batak

Suku Batak merupakan suku bangsa yang bermukim wilayah Sumatera Utara. Suku Batak memiliki sub suku yaitu Suku Batak Mandailing, Batak Toba, Batak Tapanuli, Batak Angkola Karo, dan lain-lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat