bdadinfo.com

Kementerian PUPR Tuntaskan 47 Proyek Strategis Nasional pada 2023-2024, Sebagian Ada di Sumatera - News

Tahun 2023-2024 PUPR Target Tuntaskan 47 PSN. (Dok PUPR.)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan sebanyak 34 Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga tahun 2022. 

Sebanyak 34 PSN yang telah dirampungkan oleh Kementerian PUPR itu tertuang dalam Permenko Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 dan tersebar di seluruh Indonesia

Tak berhenti sampai disitu, pada tahun 2023 ini, Kementerian PUPR berencana merampungkan sebanyak 24 PSN tambahan dan pengembangan kawasan industri. 

Baca Juga: 5 Hasil Mega Proyek Terindah di Sumatera Barat, Sangat Berkelas hingga Jadi Rancangan Terbaik Dunia

Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono mengatakan, pembangunan infrastruktur ini akan membawa peningkatan daya saing negara serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, mendukung kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dikutip lagi Rabu 9 Agustus 2023.

Pada sasaran program PSN yang akan dicapai pada tahun 2023, Kementerian PUPR menyelesaikan 15 bendungan guna mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan secara nasional.

Baca Juga: Menelusuri Warisan Budaya: Lima Museum Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Sumatera Barat

Beberapa daerah di antaranya pun terletak di Sumatera, seperti Bendungan Keureuto dan Bendungan Rukoh di Provinsi Aceh, Bendungan Lausimeme di Sumatera Utara (Sumut), Bendungan Margatiga di Lampung. 

Lalu, ada pula di provinsi lain, antara lain Bendungan Karian di Banten dan Bendungan Temef di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan 9 bendungan lain. 

Selain itu, turut diselesaikan pembangunan jaringan irigasi untuk Daerah Irigasi (DI) Lempuing di Sumatera Selatan (Sumsel).  

Baca Juga: Fakta Menarik Andaliman: Pengawet Alami Ajaib yang Tumbuh di Sumatera Utara

PSN lain yang ditergetkan selesai pada 2023  adalah 5 jalan tol. Apa saja? Ini daftarnya:

1. Tol Sigli- Banda Aceh.

2. Tol Pasuruan-Probolinggo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat