bdadinfo.com

Mega Proyek Kereta Api Trans Sumatera Sudah Sampai Mana? Begini Lho Kabar Pembangunannya - News

(Ilustrasi) Jalur Kereta Api Trans Sumatera.  (Instagram @keretaapikita.)

- Pembangunan infrastruktur di Pulau Sumatera tengah menggeliat.

Bukan hanya Jalan Tol Trans Sumatera saja, kini mega proyek Kereta Api (KA) Trans Sumatera juga dikabarkan mulai dibangun secara bertahap.

Ya, proyek pembangunan Kereta Api Trans Sumatera sudah didengungkan sejak lama. Bahkan, jalur Kereta Api Prabumulih - Kertapati (80 Km) yang menjadi bagian dari jaringan KA Trans Sumatera telah rampung dibangun.

Baca Juga: Hartanya Nyaris Rp1 M, Kadispora LubukLinggau yang Viral Terobos Jalan Baru Dicor Punya Utang Rp15 Juta

Jalur KA Prabumulih - Kertapati mulai dibangun pada Maret 2015 dan rampung pada tahun 2019. Pembangunan tersebut menelan biaya Rp1,281 triliun yang bersumber dari APBN.

Lalu, bagaimana dengan proyek pembangunan Kereta Api Trans Sumatera lainnya?

Belum lama ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh pada April 2023 lalu.

Baca Juga: Ayo Jelajahi Nagari Sicincin, Akses Kian Mudah Berkat Jalur Tol Trans Sumatera

Budi Karya Sumadi berkunjung ke Aceh untuk mengecek perkembangan pembangunan jalur kereta api Lhokseumawe - Bireuen yang merupakan bagian dari pembangunan Kereta Api Trans Sumatera.

Dalam tinjauannya, Menhub menjajal Kereta Rel Diesel (KRD) Cut Meutia yang telah beroperasi sebagai kereta perintis melayani rute Stasiun (St) Krueng Geukueh – St. Bungkaih – St. Krueng Mane.

Jalur kereta api lintas Lhokseumawe – Bireuen yang tengah dibangun ini melewati sejumlah daerah, yakni: Lhokseumawe - Goa Jepang – Paloh – Krueng Geukueh – Krueng Mane – Geurugok – Kutablang – Matang Glumpang Dua – Tanoh Mirah – Bireuen.

Baca Juga: Kontroversi Video Penilangan Viral, Kapolresta Bukittinggi Beri Tanggapan

Menhub juga meninjau perkembangan pembangunan jalur kereta api Besitang - Langsa yang menghubungkan Sumatera Utara dengan Aceh.

Menhub Budi Karya pun berharap beroperasinya kereta api di Aceh ini membantu meningkatkan perekonomian Aceh.

Selain itu, tahun 2020 silam, program pembangunan jalur Kereta Api Trans Sumatera Pekanbaru - Jambi - Palembang disebutkan akan dilanjutkan sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Perhubungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat