bdadinfo.com

Kemegahan Jembatan Sei Wampu: Inilah Mengapa Bakal Jadi Ikonik Warga Binjai Sumut - News

Jembatan Sei Wampu.  (dok. Axgara)

- Warga sudah tidak asing dengan Jembatan Sei Wampu yang menjadi ikonik oleh daerah setempat. Jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri jika kamu melihatnya langsung.

Dikutip dari kanal Youtube Hutama Karya, Sabtu, 12 Agustus 2023, Jembatan Sei Wampu terbuat dari rangka Baja dengan menggunakan Fondasi Bore Pile.

Rangka baja Jembatan Sei Wampu Sumut ini disusun secara melengkung, melurus terdiri dari tiga bentang Center Span sekitar 130 meter.

Baca Juga: Fantastis! Ini Suku dengan Mahar Termahal di Indonesia, Puluhan hingga Ratusan Juta Rupiah!

Jarak dari Abutment ke Pier-1 sepanjang 55,3 meter dan tidak memiliki Pilar di tengah bagian sungai. Jembatan Sei Wampu menjadi terpanjang di Tol Binjai dengan bentangan lebih dari 100 meter. 

Terdapat adanya peniadaan Pilar di tengah adalah hasil dari koordinasi dengan Balai Besar di daerah sungai untuk tetap menjaga kelestarian sungai Binjai tersebut.

Sebelum melaksanakan pembangunan infrastruktur ini sudah terlebih dahulu meminta perizinan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jalan Bebas Hambatan (JBH), terakhir ke Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan jalan (KKJT).

Baca Juga: Afrizon Uncu: Bersama Andre Rosiade, Gerindra Sumbar di Tangan yang Tepat

Oleh karena itu, setiap approval desain dimulai dari paling ujung Jembatan ini akan dirancang saat proses uji layak fungsi berlangsung Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan jalan (KKJT).

Pihak KKJT harus dalam bersikap mengawasi, andil dan melihat di lapangan pengerjaan supaya hasilnya maksimal.

Kemudian, dari segi cara mengatur material maupun alat untuk jembatan terancang dengan sangat baik bisa dilihat dari material yang digunakan ialah Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP).

Baca Juga: Ketika Ustaz Abdul Somad Cerita Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Simak Agar Tidak Celaka!

CCSP sebagai dinding penahan tanah dibantaran kontruksi pilar B2 salah satu dari komponen dalam rangka bajanya.       

Selain itu, cara mengatur penempatan untuk menyimpan alat-alat material ini diperlukan antara lain: menyusun pengiriman alat-alat, menandatangani alat dan menyusun kembali tujuannya pada saat pengerjaan itu sudah tersusun dengan sangat baik dari segi Stockyardnya untuk memenuhi kapasitas Manpowernya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat