bdadinfo.com

Ketika Ustaz Abdul Somad Cerita Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Simak Agar Tidak Celaka! - News

Ustaz Abdul Somad (Instagram)




- Ustaz Abdul Somad ternyata memiliki wawasan dan pengetahuan luas tentang sejarah kerajaan Islam di Sumatera. Dalam sebuah tayangan di channel youtube, terlihat ustadz Abdul Somad tengah mengisi ceramah di sebuah tempat di Sumatera.

Seperti biasa, dalam ceramahnya tersebut sang ustadz membawakannya dengan suasana yang seru dan diselipi dengan sedikit humor.

Terlihat sesekali penonton tertawa dengan pembawaan UAS.

Baca Juga: Lima Minggu Turun, Harga Daging Ayam Broiler di Kota Padang Panjang Kembali Naik

Tak lupa, ustaz yang dijuluki dengan dai seribu followers inipun menjabarkann dengan lengkap sejarah kerajaan Islam yang ada di Sumatera.

"Malam tadi kami dari Langsa, itu dulu kerajaan, namanya Samudera Pasai, Sultan yang terkenal adalah Malik al Saleh, lalu Sultan Iskandar Muda, turun dari Langsat masuk Tanjung Pura, Binjai." tutur Ustadz Abdul Somad dalam tayangan youtube channel Ucu Fendi.

"Itu dulu kerajaan Islam namanya kerajaan Melayu Langkat, setelah itu turun masuk ke Medan namanya kerjaan Melayu Deli, keluar Medan ke kerajaan namanya kerajaan?," lanjut UAS sambil sedikit memberi kesempatan kepada jamaah untuk melanjutkan.

Baca Juga: Horor! Ada Pemakaman di Tengah Gerbang Pintu Exit Tol Padang Sicincin, Begini Penampakannya

Namun, tampaknya jamaah tidak melanjutkan ucapan sang dai dengan benar. Sang ustadz pun mencairkan suasana sedikit dengan guyon.

"Ini mengaji atau geografi?," canda UAS yang disambut tawa para jamaah.

Bukan tanpa alasan, rupanya UAS ingin memberikan pelajaran kepada jamaahnya betapa pentingnya belajar sejarah.

Menurut ustadz Abdul Somad, belajar sejarah merupakan sesuatu yang sangat penting.

Baca Juga: Mendes PDTT Launching Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 di Kota Pariaman

"Saya mau mengingatkan anak cucu kita yang tidak belajar sejarah sehingga ketika ada yang berteriak Islam, dibilang radikal, itu orang penyakit amnesia saja, saya mau anak-anak kita paham sejarah, kerajaan Aceh, kerajaan Langkat Islam, turun kebawah kerajaan Deli, turun kebawah kerajaan Serdang, turun kebawah itulah kerajaan Melayu Asahan," ujar UAS.

Sang ustadz lantas menjelaskan tentang pentingnya belajar sejarah, karena bila kita tidak kenal dengan sejarah bangsa kita sendiri, maka kita akan celaka!

"Ajarkan tentang sejarah, orang yang paling celaka adalah orang yang tidak mengerti sejarah bangsanya," kata ustadz Abdul Somad.

Baca Juga: Menjaga Nuwo Sessat, Rumah Tradisional Lampung Tetap Lestari di Tengah Perkembangan Zaman

Selanjutnya, UAS pun kembali bercerita tentang sejarah kerajaan Islam yang berkembang di Sumatera.

Berawal dari kerajaan-kerajaan Islam inilah maka perkembangan agama Islam menyebar hampir ke seluruh nusantara.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat