bdadinfo.com

Mengagumkan! Tim Gabungan Pemerintah Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Teluk Sinabang, Aceh - News

Tim Gabungan Kibarkan Bendera Merah Putih di Teluk Sinabang, Aceh (Pemprov Aceh)

- Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, berbagai acara upacara kembali dilaksanakan.

Salah satunya adalah upacara pengibaran bendera merah putih di Kabupaten Simueulue, Aceh.

Uniknya, upacara tersebut dilaksanakan di bawah laut pada kedalaman 8 meter yang beradad di perairan Teluk Sinabang, Aceh.

Baca Juga: Hut RI ke-78, Polda Sumbar Melakukan Pengibaran Bendera Merah Putih di Dalam Laut Pulau Sinyaru Padang

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut terpusat di perairan Pulau Delapan, yang terletak di Teluk Sinabang.

Upacara ini berlangsung dengan melibatkan kolaborasi tim dari berbagai instansi, seperti TNI, Polri, Pemerintah Daerah (Pemda), FFI, Possi, Syahbandar, Basarnas, Yakopi, serta melibatkan pelajar, warga, dan nelayan setempat.

Dengan kondisi cuaca yang cerah, upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah permukaan laut berlangsung selama lebih dari 30 menit.

Baca Juga: Merah Putih Berkibar Sempurna di Agam, Bupati Pimpin Langsung Peringatan Detik-detik Proklamasi

Inspektur upacara adalah Pjs Palaksa Lanal Simeulue, yaitu Kapten Laut (PM) Eko Wahyudi, sementara Letda Laut (T) Iwan Setiawan bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara ini memiliki simbolisme yang kuat, karena bendera Merah Putih diangkat di kedalaman laut sebagai bentuk penghormatan terhadap negara.

"Alhamdulillah, tim gabungan kita telah buktikan dan sukses melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih bawah laut Kabupaten Simeulue, untuk memperingati HUT RI ke 78," kata Danlanal Simeulue, Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra MTr Opsla, dikutip pada situs Pemprov Aceh yang rilis pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Baca Juga: Kibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Ini Nama Pengibar Bendera yang bertugas di HUT Ke-78 RI

Kegiatan upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut diharapkan menjadi sebuah agenda rutin tahunan yang diadakan oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) Simeulue.

Agenda ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor wisata bahari di daerah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat