bdadinfo.com

Musi Banyuasin Sumatera Selatan Jadi Penghasil Gas Alam Terbesar Pertama di Indonesia - News

Penghasil gas alam terbesar di Indonesia, diantaranya ada di Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau    (yudiherryprasetya)




- Musi Banyuasin, sebuah kabupaten di Sumatera Selatan tercatat sebagai daerah penghasil gas alam terbesar pertama di Indonesia.

Indonesia menjadi salah satu negara berpengaruh penghasil gas alam di dunia, selain tentunya nomor satu ditempati oleh Rusia.
Sebagai salah satu negara penghasil gas alam di kawasan Asia Pasifik, berikut adalah beberapa wilayah Indonesia yang menopang kehidupan seluruh manusia:

Kalimantan Timur

Bontang, Kalimantan Timur merupakan daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Bahkan di Kalimantan Timur terdapat kilang LNG terbesar di dunia.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Fakta di Balik Pulau Setan Sumatera Barat

LNG merupakan jenis gas alam yang akan cair ketika didinginkan pada suhu tertentu sehingga distribusinya lebih mudah ke berbagai wilayah.
Adapun pengelolaan LNG secara langsung berada di bawah Pertamina Blok Mahakam. Selain Bontang, wilayah lain yang menjadi penghasil gas alam adalah Tarakan, Balikpapan, dan Blok Sanga-sanga.

Sumatera Selatan

Musi Banyuasin atau Muba di Sumatera Selatan menjadi daerah penghasil gas alam terbesar kedua di Indonesia.

Muara Enim, Plaju, dan Sungai Gerong menjadi tiga daerah Sumatera Selatan lainnya yang juga menghasilkan gas alam.

Baca Juga: Makanan Ini Namanya Nasi Kentut? Inilah Kuliner Medan yang Unik dan Istimewa

Suplai gas alam dari Sumatera Selatan ini didistribusikan untuk kepentingan berbagai perusahaan serta kebutuhan rumah tangga.

Papua Barat

Papua Barat adalah provinsi Indonesia paling Timur yang menghasilkan gas alam terbesar menyusul dua daerah sebelumnya.

Teluk Bintuni menjadi wilayah penghasil gas alam terbesar yang diperkirakan memiliki cadangan sebanyak 500 miliar kubik.

Selain Teluk Bintuni, beberapa wilayah Papua Barat lainnya yang turut menghasilkan gas alam adalah Babo, Sorong, Klamono, dan Kapulanda.

Baca Juga: Misteri Gunung Singgalang, dari Hilangnya Pendaki hingga Asal Lahirnya 7 Manusia Harimau

Kepulauan Riau

Urutan keempat ada Kepulauan Riau yang juga berada di Pulau Sumatera. Tepatnya cadangan gas alam terletak di Kepulauan Natuna.
Kepulauan Anambas menjadi wilayah lainnya dari Kepulauan Riau yang menyediakan gas alam untuk kebutuhan rakyat Indonesia.

Fakta menarik tentang sumber daya alam tidak terbarukan di Kepulauan Natuna ini adalah pernah menjadi rebutan antara Indonesia dengan Tiongkok.

Jawa Barat

Terakhir, ternyata salah satu daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia letaknya ada di Jawa Barat, tepatnya di Jatibarang, Majalengka.

Baca Juga: Hormati Pejuang, YBM PLN Santuni Veteran di Kabupaten Sijunjung

Pengelola sumber daya alam ini ada di bawah PT Nusantara Regas serta merupakan kerja sama antara pertamina dengan PGN. Hasil sumber alamnya digunakan sebagai kebutuhan energi skala dalam negeri.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat