bdadinfo.com

Mengenang Arist Merdeka Sirait, Tokoh Pemberani di Gerakan Kemanusiaan dan Hak Asasi Indonesia - News

Indonesia harus kehilangan sosok yang memiliki kepribadian yang tegas, percaya diri dan percaya akan kemanusiaan adalah hal yang bersifat universal, itulah ideologi yang diyakini oleh Arist Merdeka Sirait (Instagram @komnasanak)

- Indonesia harus kehilangan sosok yang memiliki kepribadian yang tegas, percaya diri dan percaya akan kemanusiaan adalah hal yang bersifat universal, itulah ideologi yang diyakini oleh Arist Merdeka Sirait.

Arist Merdeka Sirait meninggal pada tanggal 26 Agustus 2023, setelah sebelumnya pernah dirawat di rumah sakit dan masuk ICU pada awal Agustus 2023 lalu, bahkan memposting unggahan di Instagram resminya, saat tampak terbaring dan ditemani oleh orang dekat.

"Puji Tuhan, setelah dirawat selama 8 hari di ICU, kemarin sudah diperbolehkan pindah ke ruang perawatan, dan mohon doa dari seluruh sahabat anak indonesia, agar cepat sembuh dan bisa pulang kerumah," sebagaimana dikutip dalam postingan yang diunggah akun Instagram @aristmerdeka.official pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Baca Juga: Alasan Ade Jona Prasetyo Berpolitik Meski Kini Sukses Jadi Pengusaha

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) meninggal pada umur 63 tahun, setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Arist sebagai sosok yang idealis di mata publik, meninggal setelah mengalami penyakit yang diidapnya, dan saat itu beliau tidak pernah membahas tentang penyakit yang dideritanya.

Beliau yang merupakan seorang aktivis kemanusiaan yang terkenal dari era 1990 an memiliki karir dan perjalanan yang sangat luar biasa, sebagai sosok yang peduli akan nilai kemanusiaan tinggi.

Baca Juga: Provinsi Riau Masih Banyak Masalah, BEM Unri Beri Kritik dengan Cara Menghibur

Arist juga selama ini mendedikasikan hidupnya untuk kesejahteraan anak, dan pernah mendirikan Yayasan Komite Pendidikan Anak, yang bertugas untuk memberikan pendidikan kepada buruh anak.

Selain itu, Arist Merdeka Sirait bersama dengan Seto Mulyadi, yang juga termasuk aktivis ternama, mendirikan sebuah Komite Nasional Perlindungan Anak atau Komnas PA pada tahun 1998.

Selama ini, beliau juga terlibat dalam kegiatan kemanusiaan, dan pernah menangani kasus penting dalam memperjuangkan hak dan perlindungan bagi anak-anak yang mendapat ketidakadilan.

Baca Juga: Arist Merdeka Sirait, Sosok Batak Pahlawan Anak Indonesia ini Berpulang ke Rumah Tuhan, Jasanya Tak Ternilai

Indonesia patut berbangga dengan Arist Merdeka Sirait, sehingga seluruh rakyat sadar bahwa kesetaraan dan keadilan adalah kunci utama untuk membawa Indonesia bisa lebih maju pada saat ini.

Arist bukanlah seseorang yang lebih peduli terhadap orang lemah, tetapi juga bisa memberikan kritikan yang menurutnya "Tidak Sesuai" dengan apa yang dipikirkan maupun diperhatikan orang lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat