bdadinfo.com

Festival Makan Bajamba Menuju Wisata Halal di Nagari Padang Laweh Agam - News

Festival makan bajamba menuju wisata halal di Nagari Padang Laweh (Istimewa)

– Gubernur Sumatera Barat, melalui Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar Syaifullah, menghadiri festival makan bajamba menuju wisata halal di Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Agam yang diwakili Kadis Parpora Agam Syatria, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Yenni Andri Warman, Wakil Ketua TP-PKK Titik Irwan Fikri, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Nofrizal, Anggota DPRD Kabupaten, Feri Adrianto dan Aderia. Camat Sungai Pua, wali nagari, wali jorong, niniak mamak, dan tokoh masyarakat Sungai Pua.

Kegiatan diawali dengan maarak jamba yang dilepas langsung oleh Bupati Agam, dengan iringan rombongan arak-arakan mencapai ratusan orang yang terdiri berbagai lapisan masyarakat di Kecamatan Sungai Pua. Sebelum makan bajamba diselingi dengan pidato adat.

Baca Juga: Horor Banget! Perusahaan Start Up dan Manufaktur PHK Ratusan Ribu Karyawan, Ini Datanya

Saat itu, Bupati Agam mengatakan, ini merupakan momen yang sangat penting untuk melestarikan budaya terkhususnya makan bajamba.

“Kegiatan seperti ini jarang diketahui oleh masyarakat khususnya anak muda nagari dapat menyaksikan, dan mengetahui bagaimana budaya makan bajamba dilaksanakan,” katanya.

Ia menyebutkan makan bajamba di Nagari Padang Laweh memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan makan nasi lamak dan pinyaram, yang dimana budaya itu sudah lama hilang di Nagari Padang Laweh.

“Nantinya anak muda dapat mempelajarinya mengenai makan bajamba dan mereka bisa melestarikan budaya tersebut kepada anak cucu kita,” ujarnya.

Baca Juga: Fakta Mengejutkan Christian Rudolf, Eks Pendeta yang Belajar Jadi Pembunuh 3 Hari

Lebih lanjut diharapkan festival budaya makan bajamba itu dikemas menjadi paket wisata kuliner yang dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Apabila dilaksanakan setiap tahun, tambahnya, akan mengundang banyak wisatawan berkunjung ke Nagari Padang Laweh.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Padang Laweh,” katanya.

Disamping itu, Gubernur Sumbar, melalui Kadis Kebudayaan Provinsi Sumbar Sayfullah, menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu cara melestarikan kebudayaan di Sumbar khususnya di Nagari Padang Laweh, Kabupaten Agam, itu semua dikarenakan budaya makan bajamba merupakan salah satu warisan yang mendunia yang harus dilestarikan keberadaannya.

Baca Juga: Waspada Teror Penusukan OTK, Ini 3 Kriteria yang Rentan Jadi Korban

Ia berharap, para pemuda pemudi anak nagari dapat melestarikan budaya yang sangat mendunia tersebut karena akan menyelamatkan budaya itu sendiri dari kepunahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat