bdadinfo.com

6 Fakta Menarik Rumah Gadang yang Ada Sumbar, Ternyata Terbuat dari Pohon Ini dan Jumlah Kamarnya Unik - News

Fakta Menarik Rumah Gadang yang Ada Sumbar (Istimewa)

 

- Rumah Gadang yang terdapat di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) merupakan rumah adat suku Minangkabau ternyata telah terkenal hingga ke luar negeri.

Rumah Gadang mempunyai bentuk yang unik serta megah dan penuh dengan simbol budaya masyarakat suku Minangkabau Sumatera Barat (Sumbar) yang menjadi salah satu sumber kebangggaan Indonesia.

Pembuatan Rumah Gadang pun tidak sembarangan, dan memiliki sebutan lain yaitu rumah Bagonjong dan Baanjung. yang biasa diucapkan oleh masyarakat Minangkabau.

 Baca Juga: 4 Tablet Murah Terbaik 2023 Harga Mulai Rp 600 Ribu, Nomor 3 Sudah Pakai Chipset MediaTek Lho!

Baca Juga: Nginapnya Wika Salim Dimana? Apabila ke Sumbar Tempuh Padang-Solok Selatan, Ini Jawabannya!

Baca Juga: 8,2 juta Wisatawan Kunjungi Sumbar Bakal Menjadi Target di 2023, Berikut Objek Wisata Favorit 2022 di Sumbar

Rumah adat suku Minangkabau ini memiliki enam fakta menarik yang kita harus ketahui selain sebutan Bagonjong, nah biar tidak penasaran langsung kita simak bareng-bareng sebagai berikut:

1. Bahan-Bahan Pembuatan Rumah Gadang

Rumah Gadang merupakan rumah adat dibangun menggunakan pohon juha yang kuat serta sangat kokoh.  Hal ini menyesuaikan dengan wilayah Sumbar yang dikenal rawan akan gempa.

Rumah Gadang juga dibuat menggunakan ijuk melengkung runcing ke atas serta memiliki motif yang  berbentuk seperti daun bunga, buah-buahan dan  tumbuhan.

 Baca Juga: Wow! Ini Fakta Menarik Kelok 44 Yang Ada di Sumbar, Nomor 3 Banyak yang Belum Tahu Lho dan Diluar Dugaan

2. Fungsi dari Rumah Gadang

Bangunan Rumah Gadang dibangun di sebidang tanah milik keluarga induk secara turun temurun dan diwariskan kepada perempuan kelompok tersebut.

Selain untuk tempat tinggal mempunyai berfungsi sebagai untuk musyawarah keluarga, mengadakan upacara warisan nilai adat dan Presentative budaya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat