bdadinfo.com

Ditjenpas Beri 26 Narapidana Remisi Imlek dan 1 Napi Bebas, Negara Hemat Anggaran Segini - News

ilustrasi sel penjara narapida dapat remisi imlek (Foto: Pixabay.com/Ichigo121212)

- Remisi khusus diberikan kepada puluhan narapidana (napi) yang beragama Konghucu dalam rangka Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.

Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Aprianti mengatakan remisi itu diberikan kepada 26 narapidana beragama Konghucu di seluruh Indonesia. Bahkan satu orang penerima RK II atau langsung bebas usai mendapat remisi 1 bulan.

Selain membawa manfaat kepada para narapida, ternyata pemberian RK Imlek juga bisa bikin hemat pengeluaran negara dalam anggaran makan narapidana.

Tercatat, anggaran makan narapidana yang berhasil dihemat mencapai nilai Rp14.790.000.

Baca Juga: Jalan Sehat 1 Abad NU di Surakarta Bareng Jokowi Sekaligus Momentum Perkawinan Dua Budaya dan Pemimpin

Remisi tersebut diberikan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Remisi diberikan sebagai apresiasi negara bagi narapidana yang telah berusaha dan menunjukkan perubahan perilaku yang lebih baik," kata Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Aprianti dalam keterangannya, Minggu, 22 Januari 2023.

26 Narapida tersebut kemudian diperinci, narapida terbanyak menerima RK Imlek 2023 berasal dari Kalimantan Barat dengan total sebanyak 9 narapida. Kemudian selanjutnya dari Bangka Belitung sebanyak 7 narapida, dan dari Banten sebanyak 3 narapida.

Baca Juga: Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G Jawara di Kelasnya, Cek Harga dan Spek Gaharnya

Sisanya berasal dari beberapa daerah seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

"RK Imlek merupakan hak narapidana yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif sesuai peraturan perundang-undangan," tuturnya.

"Hak ini diberikan bukan hanya sebagai pengurangan masa pidana, namun diharapkan meningkatkan keimanan dan motivasi narapidana untuk menjadi lebih baik," ujarnya.

Baca Juga: Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G Jawara di Kelasnya, Cek Harga dan Spek Gaharnya

Pada kesempatan tersebut, Rika turut mengucapkan selamat kepada narapidana yang merayakan Imlek dan mendapatkan Remisi. Pihaknya secara langsung meminta seluruh narapidana untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan produktivitas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat