bdadinfo.com

Johnny G Plate Absen dari Panggilan Kejagung dalam Kasus Dugaan Korupsi BTS, Berikut Daftar Saksi Lainnya - News

Menkominfo Johnny G Plate absen menghadiri pemanggilan saksi dari Kejagung karena alasan ini (kominfo.go.id)

– Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah mengagendakan pemanggilan atau panggilan dengan status saksi kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate (JGP) pada hari ini Kamis, 9 Februari 2023.

Namun ternyata, JGP absen dari pemanggilan saksi tersebut karena urusan mendampingi Presiden di HPN 2023 yang dihelat di Medan. Selain namanya, Kejagung juga sudah merilis beberapa daftar inisial yang akan dipanggil untuk menjadi saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur BTS Kominfo.

Menanggapi pemanggilan Kejagung terhadap Menkominfo Johnny G Plate (JGP), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa semua pihak harus menghormati proses hukum. Hal ini karena menurut Jokowi, seluruh warga negara sama di mata hukum.

Baca Juga: Imbas Dugaan Penyalahgunaan Propofol, Begini Nasib 3 Proyek Netflix yang Dibintangi Yoo Ah In

Baca Juga: Warganet Keluhkan Kebijakan Baru Twitter, Salahkan Elon Musk: Kami Pamit

"Ya, kita semua harus menghormati proses hukum. Semuanya harus menghormati proses hukum. Itu saja," kata Jokowi usai menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Sumatera Utara.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi mengatakan Menkominfo dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan pada Kamis, 9 Februari 2023.

"(Pemeriksaan Menkominfo) rencana Kamis," ujar Kuntadi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 8 Februari 2023.

Sementara itu, Menkominfo yang ditemui secara terpisah memastikan kesiapannya untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS).

Baca Juga: Peringati Hari Pers, Jokowi Bredeli 3 Isu Permasalahan Utama Media, Solusinya Lewat Perpres

Baca Juga: Update Korban Gempa Turki dan Suriah: 16.000 Jiwa Tewas, PBB Terus Upayakan Ini

“Pemanggilan saudara JGP sebagai saksi dilakukan terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai dengan 2022,” ujar Kapuspenkum, Kamis, 9 Februari 2023.

"Saya sedang di Medan mengikuti Hari Pers Nasional 2023. Jika dibutuhkan keterangan maka akan hadir pada jadwal yang sesuai," kata Johnny G Plate.

Karena jadwal mendampingi Presiden RI dalam acara Hari Puncak Pers Nasional 2023 di Medan yang bertepatan dengan jadwal pemanggilannya oleh Kejagung, maka JGP pun batal memenuhi panggilan Kejagung di Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat