bdadinfo.com

Jadi Makanan Favorit Ridwan Kamil, Begini Cara Membuat Ratatouille Ala Bu Cinta Atalia Kamil - News

Ilustrasi (pixabay.com)




- Ratatouille adalah hidangan khas dari Perancis yang terkenal dengan kombinasi berbagai sayuran segar yang diolah menjadi sajian lezat.

Tidak hanya populer di Perancis, tetapi juga menarik banyak penggemar di seluruh dunia termasuk arsitek terkenal dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sang istri, Atalia Praratya atau biasa disapa Bu Cinta mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah acara masak bernama Dapoer Cantik yang dibagikan melalui channel YouTube COSMO 1019 FM beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Mantap! Pemkab Pesisir Selatan Gandeng Kejari Dalam Pengawasan Pajak Daerah

Pada waktu itu Atalia mengatakan kalau suaminya yang biasa dipanggil Kang Emil tersebut suka mencoba masakan yang berbeda-beda dalam setiap saat. Namun, Kang Emil tiba-tiba jatuh cinta terhadap cita rasa dari Ratatouille.

"Yang ini adalah Ratatouille sebetulnya makanan Perancis. Kalau orang pernah nonton filmnya pasti identik tentang tikus jadi chef. Jadi Kang Emil nonton film kartun sebetulnya Ratatouille judulnya. Terus kemudian bilang ke saya teh bikin dong," ungkap Atalia, dilansir dari YouTube COSMO 1019 FM, Senin, 11 September 2023.

"Terus akhirnya saya coba-coba dan ternyata Kang Emil ketagihan. Jadi sekarang itu makanan spesial yang selalu dia tunggu di rumah yaitu Ratatouille," tambahnya.

Baca Juga: Menjadi Solusi untuk Akademisi, PublikasiKu Gelar Webinar Strategi Review Jurnal

Bu Cinta mengatakan kalau dalam hal proses pembuatan dari menu masakan Prancis ini terbilang cukup mudah. Bahan-bahan masakannya juga dapat dengan mudah dibeli di supermarket dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Ratatouille juga cocok untuk vegetarian karena hanya terdiri dari sayur-sayuran. Untuk pembuatannya, bahan utama yang harus disediakan adalah terong ungu, zukini, timun jepang, paprika (bisa menggunakan warna yang berbeda), tomat, dan bawang bombay.

Sementara untuk sausnya, sediakan virgin oil, pasta tomat, air, dan garam secukupnya. Siapkan juga penambah cita rasa seperti rosemary, oregano, dan taburan parmesan keju.

Baca Juga: Punya Landasan Pacu di Pinggir Pantai yang Aduhai, Bandara Rokot Mentawai Segera Diresmikan

Proses pembuatannya pertama-tama cuci bersih semua bahannya. Kemudian potong rapih bahan utama tadi yaitu terong ungu, zukini, timun jepang, paprika, dan tomat dengan ukuran yang sama. Potong juga bawang bombay dengan rapih untuk ditumis nantinya.

Setelah dipotong satukan semua potongan bahan utama tadi dibuat seperti tumpukan. Kemudian rapihkan ke dalam piring terlebih dahulu. Pisahkan bawang bombay dan paprika karena akan ditumis sendiri nantinya.

Setelah itu mulai membuat sausnya. Pertama nyalakan kompor dan masukkan virgin oil kemudian tumis bawang bombaynya hingga wangi.

Baca Juga: 22 Tahun Berselang Mengenang Peristiwa 11 September, Begini Detik-detik Teror Tewaskan 3 Ribu Orang Terjadi

Selanjutnya masukkan paprika yang sudah dipotong dan masak hingga matang. Saat sudah matang masukkan pasta tomat. Tambahkan juga air dan garam secukupnya. Untuk menambah cita rasa saus bisa dimasukkan juga oregano.

Setelah semuanya matang dan wangi, langkah selanjutnya adalah menyajikannya ke dalam wadah piring berbentuk bulat atau lonjong.

Pertama taruh saus di paling dasar dari wadah tersebut. Kemudian tata bahan utama yang sudah dipotong-potong tadi dengan rapih. Setelah selesai disusun tambahkan lagi sausnya dibagian atas.

Baca Juga: Mengintip Kemegahan Masjid Raya Al Azhar, Karya Ridwan Kamil di Summarecon Bekasi

"Kita kasih dulu olesan olive oil tapi ada rosemarynya biar nikmat (di bagian atasnya). Kalau kaya gini jadinya enak," ungkap Atalia.

Setelah selesai tertata dengan cantik. Langkah terakhir adalah memasukkan hidangan Ratatouille tersebut ke dalam oven dan panaskan selama 35 menit. Tujuannya agar membuat semua masakan tersebut menyatu, sehingga nikmat untuk disantap.

Jika sudah selesai keluarkan hidangan tersebut dari oven. Di bagian akhir bisa ditambahkan keju untuk menambah selera dan siap untuk dinikmati.

Baca Juga: Mengenal TYI Bikinan AHY: Upaya Branding Politik Sang Putra Mahkota Menuju Demokrat 1

"Jadi sebetulnya Ratatouille ini supaya kita lebih kreatif aja dari menu-menu yang ada. Sekarang kan ibu suka masak di rumah ya. Mungkin ini salah satunya untuk menambah perbendaharaan masakan kita di rumah," pungkas Atalia.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat