bdadinfo.com

Ajak Masyarakat Bijak Berbelanja, Pemko Padang Panjang Gaungkan Stop Boros Pangan! - News

Pemko Padang Panjang Gaungkan Stop Boros Pangan (IST)

 

PADANG PANJANG, - Pemerintah Kota Padang Panjang mulai menggalakkan program program Stop Boros Pangan kepada seluruh masyarakat sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padang Panjang, Ade Nafrita Anas mengatakan, kampanye Stop Boros Pangan hingga saat ini belum sepenuhnya dipahami masyarakat.

"Oleh sebab itu, Pemko diminta menyelipkan edukasi terkait perilaku boros pangan ini dalam setiap kegiatan yang menyasar masyarakat umum agar mereka melakukan tindakan menghemat pangan," sebutnya.

Baca Juga: Terlanjur Terjerat Pinjaman Online Ilegal? Jangan Khawatir, Ini Tips Terbaik Mengatasinya

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat diminta untuk membeli kebutuhan pangan secukupnya. "Jangan beli bahan pangan yang berlebihan, seperlunya saja," ungkapnya lagi.

Saat ini, sebutnya, Indonesia menduduki peringkat ketiga negara yang boros pangan. Setiap tahun ada 23-48 juta ton makanan yang terbuang menjadi sampah.

Pihaknya berharap, Stop Boros Pangan dapat diterapkan dengan benar-benar mengonsumsi makanan sampai habis tak bersisa. Sementara belanja bijak dapat diaplikasikan dengan membeli keperluan pangan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Komitmen Berantas Pekat, Satpol PP Bukittinggi Kembali Amankan Dua Terduga PSK

"Ini harus dimulai dari diri masing-masing. Terapkan Stop Boros Pangan sebagai upaya menjaga ketahanan pangan. Karena food loss dan food waste selain bagian dari perilaku mubazir, dampaknya juga merugikan secara ekonomi bahkan lingkungan," pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat